Bom Bunuh Diri di Restoran Somalia, 4 Orang Tewas

Bom Bunuh Diri di Restoran Somalia, 4 Orang Tewas

topmetro.news –  Bom bunuh diri di sebuah restoran di Ibu Kota Somalia, Mogadishu. Peristiwa ini menewaskan empat orang. Selain itu, sembilan orang kabarnya mengalami luka-luka di negara Afrika timur tersebut.

Melansir dari AFP, peristiwa itu terjadi pada Selasa (18/1/2022), seorang meledakkan dirinya di sebuah restoran dekat barak tentara di Mogadishu. Pria tersebut, masuk ke toko teh dengan mengenakan rompi peledak. Pejabat polisi dan saksi mata yang menjelaskan peristiwa tersebut.

“Kami telah mengkonfirmasi empat orang tewas, dan sembilan lainnya luka-luka,” kata petugas polisi, Abdirahman Adan.

“Korban di bawa ke rumah sakit,” katanya.

Kelompok militan Al-Shabaab mengaku bertanggung jawab, dengan mengatakan pihaknya menargetkan tentara Somalia yang menjalani pelatihan di akademi militer. Akademi militer itu, disebut dikelola oleh Turki.

Saksi mata mengatakan toko teh itu populer di kalangan tentara.

“Ledakan menghancurkan kios dan seluruh area kacau balau,” kata saksi mata, Mohamed Yare.

Serangan itu terjadi hanya dua hari setelah juru bicara pemerintah Somalia terluka dalam pemboman di Mogadishu yang juga di klaim oleh Al-Shabaab.

Pada 12 Januari, beberapa orang tewas dalam ledakan bom mobil bunuh diri. Ledakan itu terjadi di ibu kota.

Rentetan serangan terjadi saat Somalia alami krisis politik. Pemilihan umum tertunda hampir satu tahun, dan juga tidak ada kepastian.

Presiden dan juga perdana menteri telah berselisih soal pemilu. Kesepakatan terakhir telah menetapkan 25 Februari sebagai batas waktu penyelesaian pemilihan parlemen. Setelah itu, pemungutan suara untuk presiden baru dapat dilakukan.

 

Sumber: Detik

 

Related posts

Leave a Comment