Pemprov Sumut Gelar Apel di 2022, Ini Pesan untuk Aparatur

Pemprov Sumut Gelar Apel di 2022, Ini Pesan untuk Aparatur

topmetro.news Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mulai menggelar apel pagi sejak memasuki 2022, atau setelah pandemi Covid-19 mulai mereda. Seperti dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Halaman Gedung Kominfo Sumut Jalan HM Said Nomor 26 Medan, Senin (24/1/2022) pagi.

Dalam apel tersebut, seluruh aparatur  agar bersiap menghadapi kompetisi  dengan menjaga potensi dan kompetensi diri.

Pembina Apel Pagi yang juga Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Kaiman Turnip menyampaikan pidato Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang mengingatkan pentingnya sikap disiplin, cepat tanggap, berinovasi, dan berkarya dengan jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas. Karenanya, apel pagi dinilai memiliki makna yang penting dan strategis. Sebagai sarana yang tepat untuk pembinaan korps, tim kerja dan kepekaan jajaran Pemprov Sumut.

“Beberapa hal penting dan perlu untuk menjadi perhatian serius bagi seluruh kepala Perangkat Daerah terkait dengan penegasan disiplin. Di antaranya menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, prilaku, ucapan dan tindakan kepada setiap orang. Baik dalam maupun di luar kedinasan,” jelas Kaiman Turnip.

Lanjut Kaiman, hal penting lainnya adalah laporan harta kekayaan kepada pejabat yang berwenang, memberikan kesempatan kepada bawahan untuk mengembangkan kompetensi dan menolak segala bentuk pemberian yang terkait dengan tugas dan fungsi, kecuali penghasilan sesuai ketentuan. Serta larangan melakukan pungutan di luar ketentuan.

Berkompeten

“Semua kita tentu memiliki potensi dan kompetensi masing-masing. Tunjukkan bahwa anda bisa berkompetisi dengan modal itu. Tidak perlu menyebutkan anda itu berkompeten, tetapi biar orang lain yang akan melihat bahwa anda layak atau tidak,” jelas Kaiman.

Pesan berikutnya adalah, bagaimana membangun tim kerja yang melibatkan seluruh potensi dan kemampuan yang dimiliki masing-masing anggota. Sebab dalam bekerja perlu kerja sama dan tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.

“Kalau superman hanya ada satu (di cerita). Tetapi yang bisa kita bangun adalah super tim, karena lebih dari satu orang itu sudah tim. Kalau itu bisa kita bangun dengan baik, maka hasilnya kita yakinkan akan maksimal,” pungkas Kaiman.

Turut hadir sedikitnya 122 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta pegawai non-PNS di masing-masing bidang. Turut hadir Sekretaris Diskominfo Sumut Iwan Sutani Siregar, Kabid Layanan E-Government Rismawati Simanjuntak, Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Dedi Irawan, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Aziz Batubara dan Kabid Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Harvina Zuhra.

 

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment