Sahat Sianturi: ‘Pansus Wagub Kepri Bertandang ke Sumut’

sahat sianturi

TOPMETRO.NEWS – Dalam waktu dekat, DPRD Sumut bakal kedatangan tamu dari Kepulauan Riau (Kepri). Tamu dari Panitia Khusus Pemilihan Wagub Kepri itu sudah memutuskan akan terbang ke Sumatera Utara (Sumut) mempertajam pembahasan mengenai tata tertib (Tatib) pemilihan Wagub.

Melalui proses studi banding diharapkam tatib yang sudah disusun Provinsi Sumatera Utara bisa menjadi acuan bagi Provinsi Kepri.

“Dalam minggu-minggu ini, kami juga masih menunggu keputusan dari Pimpinan DPRD Kepri,” kata Sahat Sianturi, Wakil Ketua Pansus Tatib Pemilihan Wagub sebagaimana laporan batampos sesaat lalu.

Anggota legislatif ini menerangkan, pengemasan tatib haruslah dibahas secara teliti setiap poin pembahasannya. Berkaitan dengan tujuan studi banding ke Sumut ini, untuk mengklarifikasi dilema pemenuhan persyaratan para calon wakil gubernur.

Sekadar diketahui, Provinsi Sumut mengalami situasi serupa dengan Kepri. Selangkah lebih maju, pemerintahan Sumut bahkan telah melalui proses pemilihan wakil gubernurnya.

Karena sudah berpengalaman dan juga memiliki jumlah calon wagub serupa, maka pansus utusan DPRD Kepri ini memutuskan mengunjungi Sumut untuk mempelajari proses pemilihan lebih lanjut.

“Calon mereka juga 2, dan Kepri pun mengerucut dari 5 menjadi 2,” sambung Sahat Sianturi.

Selain itu, kunjungan DPRD ke Sumut kali ini juga untuk menekankan persoalan pelengkapan persyaratan calon wagub.

“Ada dua argumen, yang mana di satu sisi menyampaikan persyaratan harus dilengkapi diawal. Di sisi lain mengatakan persyaratan ada diproses panitia pemilihan nanti,” beber politisi berkacamata ini.

Sehingga untuk menghilangkan keraguan dan juga menyatukan suara para anggota legislatif, hal ini menjadi salah satu pembahasan utama di Sumut nanti. (bat-**)

Related posts

Leave a Comment