Korban Kebakaran di Desa Siborboron Terima Bantuan dari Pemkab Humbahas

keluarga korban kebakaran

topmetro.news – Pemkab Humbang Hasundutan melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada keluarga korban kebakaran yang terjadi, Kamis (27/1/2022), di Desa Siborboron, Kecamatan Sijamapolang.

Bantuan itu diberikan langsung oleh Kadis Sosial Drs Vandeik Simanungkalit didampingi Kepala Desa Siborboron M Simanullang dan Kepala Desa Sosortolong (Sihite 3) M Sihite kepada keluarga korban kebakaran, P Nainggolan, T Sihite, dan D Sihite.

Kebakaran menghanguskan tiga unit rumah semi permanen di Gonting Darat, Desa Siborboron, Kecamatan Sijamapolang.

Berdasarkan informasi dari warga di lokasi, kebakaran terjadi mulai pukul 13.30 WIB. Awalnya warga melihat kepulan asap. Kemudian seketika, api muncul dan membakar satu per satu rumah yang berdempetan itu selama 25 menit.

Belum ada informasi yang pasti mengenai penyebab pasti kebakaran. Namun kerugian akibat kejadian itu, menurut perkirakan, mencapai ratusan juta rupiah. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran tersebut.

Kepala Desa Siborboron M Simanullang membenarkan adanya kebakaran tiga unit rumah di Dusun IV Gonting Darat Desa Siborboron Kecamatan Sijamapolang Humbang Hasundutan.

M Simanullang menerangkan bahwa pada Hari Kamis (27/1/2022), sekitar pukul 13.50 WIB telah terjadi kebakaran hebat.

“Ada pun warga yang mengalami kejadian kebakaran itu adalah sebenarnya warga Sesa Sosortolong (Sihite 3). Namun wilayah administratifnya di Desa kita, yakni Saudara Togap Sihite (43). Kemudian Pdt Bobby M Sihite (42) dan Dimpos Sihite (41). Dan pada saat terjadinya kebakaran, pemilik rumah tidak berada di tempat,” ujar Kepala Desa Siborboron kepada wartawan.

Cerita Kebakaran

Berdasarkan informasi dari Pdt H Sihite (orangtua dari Togap Sihite, Dimpos Sihite, dan Pdt Boby Mahulae Sihite), pada saat kejadian, saksi sedang berdiri di halaman rumah miliknya bersama cucunya yang masih duduk di bangku SD.

Selanjutnya saksi melihat adanya asap yang bersumber dari komplek perkampungan di belakang Gedung GPDI Imanuel. Kemudian Pdt H Sihite bersama cucunya berlari ke arah belakang gereja.

Ia melihat rumah tempat tinggal anak-anaknya sudah terbakar. Kemudian Pdt H.Sihite meminta tolong kepada warga sekitar untuk bersama-sama memadamkan api

Saksi juga menerangkan bahwa, pemilik rumah tidak ada melakukan aktivitas memasak. Dan baru 10 menit meninggalkan rumah untuk pergi ke ladang miliknya.

Terpisah, Kepala Satuan Pol-PP Edy Sinaga, menjawab konfirmasi membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran di Gonting Darat Desa Siborboron, sekira pukul 13.30 WIB.

Ia pun langsung menerjunkan dua unit mobil Damkar Humbang Hasundutan. Setiba di lokasi langsung memadamkan api.

Bersamaan dengan itu, Humas Polres Humbahas Aipda Lolo Bako kepada wartawan, menerangkan bahwa tidak ada korban jiwa. “Atas Kejadian tersebut para korban mengalami kerugian berkisar kurang lebih Rp120 juta. Dan tidak adanya korban jiwa di lokasi kebakaran. Dan sampai saat ini belum diketahui asal api yang menyebabkan kebakaran rumah tersebut, namun diperkirakan sumber api berasal dari arus pendek listrik,” katanya.

Lanjutnya, Polres Humbahas mengambil langkah dengan mendatangi TKP sekaligus memasang ‘police line’. Kemudian mengumpulkan bahan keterangan serta berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Humbahas.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment