Anggaran Perbaikan Jalan Bajaronggi Rp2.947.129.000.00 Diresmikan

jalan di Bajaronggi Kabupaten Sedang Bedagai

topmetro.news – Bupati Sergai H Darma Wijaya bersama Wakil Bupati H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP meresmikan jalan di Bajaronggi Kabupaten Sedang Bedagai, Rabu (2/2/2022).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, pembangunan infrastruktur ini wajib dijaga dan dirawat. Karena itu merupakan satu kesatuan, demi memastikan hasilnya dapat bermanfaat dalam jangka panjang.

Artinya, masyarakat juga harus komitmen untuk menjaga dan merawat fasilitas jalan yang sudah ada. “Insya Allah, fasilitas ini bisa dipakai dan dinikmati untuk jangka waktu yang panjang,” katanya.

Kabupaten Sergai di bawah kepemimpinaninya dan Adlin Tambunan, menargetkan pembangunan infrastruktur dapat menunjang sektor perekonomian sebagai prioritas utama.

Lanjutnya, pembangunan infrastruktur merupakan kebutuhan dasar, sekaligus jadi bukti bahwa pemerintah akan tetap hadir di tengah-tengah rakyat.

Peningkatan ruas Jalan Bajaronggi sampai ke Sarang Giting, katanya, bersumber dari APBD/Dana Alokasi Umum (DAU). Dengan pagu anggaran Rp2.947.129.000.00. Panjang jalan 2.218 meter dengan lebar 4 meter berjenis hotmix.

Kemudian untuk ruas jalan yang sama, ada pula bersumber dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan pagu anggaran Rp1.830.015.000.00. Panjang jalan yang 2.560 meter dengan lebar 4 meter, juga bertipe hotmix.

Dari ruas Jalan Bajaronggi ke Sarang Giting, masih ada sekitar 1 km lagi yang berstatus jalan desa. Sehingga untuk itu, para kepala desa agar saling berkoordinasi untuk merealisasikan pembangunan di area tersebut.

“Silakan Kades Bajaronggi dan Bah Siduadua berkomunikasi. Agar bagaimana dapat diusulkan pembangunan di jalan tersebut. Supaya semuanya bisa saling terhubung,” katanya.

Prioritaskan Infrastruktur

H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP juga menyampaikan hal yang sama. Ia menegaskan bahwa ‘Pasangan Dambaan’ akan menjadikan pembangunan infrastruktur jalan sebagai prioritas sampai tahun 2024.

Untuk jalan berstatus kabupaten yang merupakan kewenangan Pemkab Sergai, akan diupayakan bisa dikebut dalam periode kepemimpinan Darma Adlin.
Tentu percepatan pembangunan tidak hanya mengutamakan kuantitas. Akan tetapi harus selaras dengan kualitas.

Kepala Desa Bajaronggi Rifai menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas pembangunan jalan yang di sepanjang desanya. “Bisa kita bilang, sejak Indonesia merdeka 76 tahun lalu, baru kali ini melihat jalan desa ini beraspal,” katanya.

Hadir dalam.kesempatan itu Ketua TP PKK Sergai Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya, para Kepala OPD, Camat Dolok Masihul Muryani SE, anggota DPRD Sergai Rasdiaman Damanik, dan tokoh masyarakat

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment