Jokowi Resmikan Pintu Jalan Tol Seksi 1 Binjai-Stabat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Binjai-Stabat di Sumatera Utara (Sumut)

topmetro.news – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Binjai-Stabat di Sumatera Utara (Sumut). Jokowi berharap tol ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

“Alhamdulillah. Hari ini ruas Jalan Tol Binjai-Langsa, Seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer, Alhamdulillah telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas. Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Binjai-Langsa sepanjang 131 km. Dan jika sudah rampung seluruhnya, jalan tol ini akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Aceh. Juga menjadi bagian dari jalan Tol Trans Sumatera yang akan menyambung dari Lampung sampai ke Aceh,” kata Jokowi seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (4/2/2022).

Jokowi menjelaskan, jalan nasional yang tersambung antarprovinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi daerah yang memiliki potensi besar. Hal itu akan membuka peluang usaha baru terutama yang berada di sekitar jalan tol.

“Tadi pagi baru saja saya melihat sentra produksi jeruk di Kabupaten Karo. Kalau jalan tol ini dihubungkan dengan sentra-sentra produksi seperti itu, dihubungkan dengan kawasan pariwisata, dihubungkan dengan kawasan pertanian, dihubungkan dengan kawasan perkebunan, dan jalannya semulus ini, struktur biaya dalam harga di komoditas. Seperti contoh tadi jeruk, jalan desanya kita perbaiki untuk menuju jalan utama ke sini jeruknya. Harga jeruknya akan sangat kompetitif. Saya berani menjamin tidak akan kalah harganya dibandingkan dengan harga-harga impor,” ujar Jokowi.

Jokowi juga yakin pembangunan jalan tol ini akan mempermudah ke berbagai destinasi wisata di Sumut. Jokowi menilai hal ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi daerah.

“Saya yakin dengan kemajuan infrastruktur ini, kita akan bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah. Baik tadi saya sampaikan pertanian, wisata, perkebunan, perikanan dan lain-lainnya. Saya titip agar infrastruktur yang baik ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung usaha-usaha baru. Meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Jokowi.

Percepat Waktu Tempuh

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, sempat menyinggung keterangan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang begitu sulit menganggarkan untuk pembangunan jalan tol. “Tapi, dengan adanya jalan Tol Seksi 1 Binjai-Stabat, ini yang biasanya kita lalui dari Medan, Binjai ke Stabat memakan waktu 2,5 jam. Tapi kini bisa kita tempuh hanya berkisar 45 menit, Pak Presiden,” ujar Gubsu.

Gubsu Edi Rahmayadi juga mengucapkan terimkasih atas akan dilanjutkannya pembangunan jalan Tol Trans Sumatera Tahap II yang menembus Medan-Langsa.

“Biasanya jika kita dari Medan, Stabat, Aceh Tamiang hingga ke Langsa butuh waktu 4 atau 5 jam ke Kuala Namu. Nanti hanya menghabiskan waktu berkisar 1,5 jam,” tandas Edy Rahmayadi didampingi Plt Bupati Langkat H Syah Afandien SH, sebagaimana dikutip dari Youtube Skretariat Negara.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment