Rusa di New York Terserang Omicron, Ahli Khawatir Muncul Varian Baru

Rusa di New York Terserang Omicron, Ahli Khawatir Muncul Varian Baru

topmetro.news Seekor rusa di New York, Amerika Serikat, terinfeksi Covid-19 varian Omicron. Temuan perdana Omicron di hewan liar itu memicu kekhawatiran para ahli akan kemungkinan kemunculan varian baru.

Kekhawatiran tersebut muncul usai para peneliti dari Universitas Pennsylvania menemukan, sekitar 15 persen dari 113 rusa yang mereka tangkap di New York ternyata sudah memiliki antibodi virus corona.

Dengan begitu, hewan-hewan itu sudah pernah terinfeksi virus corona sebelumnya. Mereka pun khawatir penularan antar-hewan ini dapat memicu kemunculan varian corona baru.

“Sirkulasi virus dalam populasi hewan selalu meningkatkan kemungkinan untuk kembali menularkan ke manusia, tapi yang lebih penting memberi lebih banyak peluang bagi virus berevolusi menjadi varian baru,” ujar salah satu peneliti Universitas Pennsylvania, Suresh Kuchipudi.

Menurut Kuchipudi, saat virus sudah betul-betul bermutasi, maka varian itu bisa menembus perlindungan vaksin yang tersedia saat ini.

“Jadi, kami harus mengganti vaksin lagi,” ujar Kuchipudi.

Hingga kini, memang tak ada bukti hewan bisa menularkan virus ke manusia. Namun, Kementerian Pertanian AS mencatat, sebagian besar satwa terinfeksi virus corona memiliki riwayat kontak dengan manusia yang positif Covid-19.Pada Agustus lalu, pemerintah AS juga menemukan kasus Covid-19 pada rusa liar di Ohio. Kasus itu ditemukan berdasarkan sampel rusa yang dikumpulkan beberapa bulan sebelum Omicron mendominasi hampir seluruh negara di dunia.

Sebelumnya, sejumlah hewan di AS juga pernah terinfeksi Covid-19, di antaranya anjing, kucing, harimau, singa, macan tutul, berang-berang, dan gorila.

Infeksi Omicron pada rusa yang terbaru ini muncul saat kasus harian Covid-19 di AS sebenarnya sudah mulai turun.

 

Sumber: CNN

Related posts

Leave a Comment