Gubernur, Kapoda Sumut, Pangdam I/BB, Kejatisu, dan Bupati Karo Panen Raya di Mardinding Karo

Gubernur, Pangdam I/BB, Kejatisu, dan Bupati Karo Panen Raya di Mardinding Karo

topmetro.news – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Kajatisu IBN Wiswantanu dan Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang melakukan panen raya sekaligus menyerahkan bantuan Pemprov Sumut di Desa Lau Kasumpat Kecamatan Mardingding, Rabu (16/2/2022).

“Saya yakin warga Karo semakin sejahtera, karena tanahnya subur, airnya cukup. Disamping tanaman padi dan jagung cukup luas di daerah ini,” ungkap Edi Rahmayadi di hadapan petani Desa Lau Kasumpat.

Namun Gubernur sempat heran, kanapa di daerah lain, produksi panen padi 1 hektar bisa mencapai 9 ton, sedangkan di Karo hanya bisa 7 ton. Dalam hal ini Gubernur minta agar Dinas Pertanian Provsu mempelajarinya, apakah sudah saatnya petani menggunakan pupuk organik.

“Saya minta agar Dinas Pertanian Sumut mempelajarinya masalah ini dan membuat penyuluhan di lapangan, agar hasil panen petani bisa melimpah ruah,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga tidak lupa mengingatkan agar masyarakat tetap menggunakan masker, karena angka pasien terpapar Covid-19 mulai naik lagi.

“Jangan sampai sakit baru pake masker, senjata paling ampuh melawan Covid-19 adalah dengan menggunakan masker,” jelasnya.

Pupuk Subsidi

Sementara dalam dialog dengan masyarakat, para petani menyampaikan keluhan terkait kebutuhan pupuk subsidi. Seperti yang disampaikan Balandua Sebayang, Zulfikar Kacaribu petani Kecamatan Lau Baleng dan Karya Tarigan Kepala Desa Lau Kasumpat, beharap agar pemerintah menambah alokasi pupuk bersubsidi dan mengusulkan penambahan alat mesin panen padi.

“Kejadian ini sering dialami petani, ketika jadwal pemupukan tiba waktunya, tapi pupuk sulit didapatkan,” ungkap Sebayang.

Menyahuti keluhan petani, setelah membeberkan jumlah kuota pupuk di Karo, Gubernur Sumut berjanji akan menindaklanjuti hal tersebut melalui Dinas Pertanian Sumut.

Selain itu, Edy Rahmayadi juga mengatakan, akan menggalakkan kembali koperasi petani untuk menghindari tengkulak. Dalam waktu dekat akan menurunkan tim dari Dinas Koperasi ke daerah.

Dalam panen raya tersebut, turut dihadiri Kadis Petanian Sumut Baruddin Siregar, Kadis Pertanian Karo Metehsa Purba, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, Kajari Karo Fajar Syah Putra dan seluruh unsur Forkopimca Lau Baleng dan Mardingding.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment