Bupati Asahan Buka Musrembang RKPD Tahun 2023

Bupati Asahan H Surya BSc membuka Musrembang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat (18/3/2022).

topmetro.news – Bupati Asahan H Surya BSc membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat (18/3/2022).

Zainal Arifin Sinaga MH selaku Panitia Musrembang RKPD mengatakan, kegiatan bertujuan untuk membahas rancangan RKPD guna penyempurnaan rancangan awal RKPD berdasarkan renja perangkat daerah. Juga untuk penelahaan terhadap RKP, RKPD provinsi, program strategis nasional dan provinsi.

Selanjutnya untuk mensingkronkan prioritas dan sasaran pembangunan dengan mengacu arah kebijakan pembangunan 10 program prioritas. Mempertajam indikator atas kinerja program. Serta menyepakati bersama prioritas pembangunan dan kegiatan yang akan berjalan di tahun 2023.

Gubsu dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Aset dan SDA Arief Sudarto Trinugroho mengatakan, penyusunan RKPD dilakukan dengan penguatan pelaksanaan strategi dan kebijakan kolaborasi perancangan pembangunan daerah, gagasan 3-SP. Melalui upaya membangun sukses perencanaan, sukses pelaksanaan dan sukses pencapaian. Serta penerapan ‘money follow program priority’. Sehingga kebijakan penganggaran yang berlaku, berbasis pada program prioritas provinsi/kabupaten/kota/nasional.

“Melalui Musrembang ini program dan kegiatan yang kita rumuskan dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat,” kata Arif.

Tema Musrenbang

Sementara Bupati Asahan mengatakan, Tema Musrembang RKPD adalah, ‘Dengan kolaborasi perencanaan pembangunan daerah, kita sukseskan 10 program prioritas guna mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera, religius dan berkarakter’.

Bupati meminta kepada Kepala OPD agar konsisten mempedomani program prioritas sesuai ketetapan dalam RPJMD Tahun 2021-2026. Bupati juga berharap kepada camat agar dapat meningkatkan kondusifitas di wilayah masing-masing sebagai modal dasar melaksanakan pembangunan.

“Kepada tim koordinasi penguatan sistem inovasi daerah dan perguruan tinggi, saya harapkan sumbangan pemikiran dan gerakan inovasi, untuk mendukung mempercepat terwujudnya Visi Misi Pemkab Asahan,” kata H Surya.

Di akhir pidatonya, Bupati Asahan mengimbau agar selalu mematuhi prokes. Serta ikut berpartisipasi mensukseskan vaksinasi di wilayah masing-masing, untuk menekan penyebaran Covid-19.

Sebagai narasumber adalah, 1. Vinsensius Tampubolon SH (Kasie Pidsus), 2. Kepala BPSDM Provsu Dr H Asren Nasution MA, 3. Dikky Anugrah Panjaitan SSos MSP (Kabid Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Bappeda Sumut), 4. Hery Valona Ambarita MKes (Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Provsu), dan 5. Kasubbag Tata Usaha UPTJJ Tanjung Balai Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment