Kajati Beri Apresiasi, ‘Pataka’ Forwakum Sumut Berkibar di Grand Mercure

Pataka Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut), Jumat (18/3/2022), berkibar di Lantai 1 Hotel Grand Mercure Jalan Sutomo Medan

topmetro.nwws – Pataka Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut), Jumat (18/3/2022), berkibar di Lantai 1 Hotel Grand Mercure Jalan Sutomo Medan. Secara simbolis, Robert Siregar selaku penasihat menyerahkan pataka kepada pengurus yang baru saja menjalani pengukuhan.

Yel yel ‘Forwakum. Solid’ beberapa kali menggema, sekaligus turut menghangatkan suasana pengukuhan pengurus Forwakum Periode 2021-2023 yang diketuai Aris Rinaldi Nasution, Sekretaris Sumardiansyah Tarigan, dan Bendahara Reza Daeng.

Kajati Sumut Idianto melalui Kasi Penkum Yos A Tarigan menyampaikan apresiasi dan bangga kepada Forwakum Sumut dalam semangat membentuk organisasi.

“Kami sangat mengapresiasi keinginan rekan-rekan wartawan membentuk Forwakum Sumut di tengah kesibukan profesinya namun dapat membangun organisasi. Semoga Ketua Forwakum Sumut dapat mengayomi anggotanya,” tutur mantan Kasi Pidsus Kejari Deli Serdang ini.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan Teuku Rahmatsyah mengharapkan Forwakum Sumut semakin sinergi dan menjalankan kontrol sosial.

“Saya lihat sejauh ini wartawan di Forwakum Sumut sudah profesional menaati kode etik dan Undang Undang Pers. Semoga semakin bersinergi. Semakin kompak memberitakan hal-hal edukatif yang ada manfaatnya dan juga bisa menjadi sarana kontrol bagi penegak hukum,” ujar Teuku Rahmatsyah.

Ia juga menyebut, even-even yang telah berjalan seperti bakti sosial juga ke depan akan terus berlangsung. “Bersama Kejari Medan kita akan tetap melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bersentuhan langsung ke tengah masyarakat. Terutama nanti di Bulan Puasa ini,” kata Teuku Rahmatsyah.

Dalam kesempatan tersebut Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik melalui Wakil Ketua Bidang Advokasi Amrizal menyampaikan ucapan selamat. Kemudian mengingatkan wartawan Forwakum Sumut untuk profesional dalam menjalan tugas jurnalistik.

“Kami berharap dengan peresmian Forwakum Sumut ini bisa bersinergi dengan PWI Sumut. Kami sangat mendukung kehadiran Forwakum, sehingga bisa menjalin kemitraan sekaligus menjalankan fungsi sosial kontrol. Karena wartawan yang tidak profesional dapat menciptakan citra buruk di masyarakat,” tegas Amrizal.

Kode Etik

Humas PN Medan Sony Adi menyampaikan rasa bangga atas semangat Forwakum Sumut menjalin kemitraan dan sukses melaksanakan kegiatan peresmian pengukuhan.

“Pers mitra dalam masalah penegakan hukum. Bapak-bapak juga mitra dalam menyampaikan pemberitaan dengan tetap mematuhi Kode Etik Jurnalistik (KEJ),” katanya.

Ketua Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Sumut Matohap Simarsoit juga memberikan apresiasi kepada Forwakum Sumut dan kepedulian mitra kerja yang telah menggelar berbagai bakti sosial guna membantu warga yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Salut juga melihat cuplikan video berbagai kegiatan sosial dan silaturahmi yang telah dilaksanakan Forwakum Sumut bersama mitra kerja. Semoga semakin sukses ke depan,” pungkasnya.

Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution SH dalam sambutannya mengatakan, forum berkumpulnya sejumlah wartawan media cetak dan online merupakan sarana untuk bersosial, berdiskusi, berdialog, dan mewujudkan kreativitas positif.

“Atas berbagai pertimbangan inilah maka dibentuk Forwakum Sumut, wadah berkumpulnya wartawan yang telah disepakati dengan musyawarah untuk mufakat, lalu diresmikan berdasarkan kepentingan bersama. Sekadar diketahui, pertama sekali Forwakum Sumut dibentuk pada 8 Agustus 2021,” pungkas Aris

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment