Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah WWF 2024

Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah WWF 2024

topmetro.news Indonesia terpilih sebagai Tuan Rumah World Water Forum ke-10 (WWF 10) yang akan berlangsung pada tahun 2024. Pemilihan berlangsung dalam rapat Board of Governor Meeting (BoG) World Water Council (WWC), pada (19/3/2022) di Dakar, Senegal.

KBRI Dakar dalam keterangan menjelaskan dalam pemilihan ini, Indonesia mendapat 30 suara mengalahkan Italia. Yang juga mencalonkan diri, dengan perolehan 1 suara.

Proses pemilihan ini, dihadiri Menteri PUPR RI Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan Duta Besar RI untuk Senegal Dindin Wahyudin. Menteri PUPR Basoeki menyambut positif atas terpilihnya Indonesia menjadi Tuan Rumah WWF ke-10.

Kemenangan telak Indonesia ini menunjukkan pengakuan dunia internasional bahwa Indonesia memiliki kapasitas untuk berkolaborasi bersama dalam pengelolaan sumber daya air yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia.

WWF-10 mengangkat tema “Water for Shared Prosperity”, yang sangat relevan dengan kondisi global saat ini. Di mana ketersediaan air bersih masih menjadi tantangan di berbagai negara.

Indonesia berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan 6 (SDG 6) mengenai hak atas air bersih dan sanitasi yang baik.

Indonesia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang terpilih menjadi tuan rumah WWF. Selain memperkuat posisi Indonesia di bidang manajemen sumber daya air, Ketuanrumahan Indonesia pada WWF ke 10 juga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, dengan besarnya skala kehadiran yang diperkirakan mencapai 10 ribu peserta dari berbagai negara.

World Water Forum (WWF) merupakan kegiatan pertemuan internasional terbesar di bidang air, yang membahas pengelolaan sumber daya air oleh berbagai pemangku kepentingan. WWF berlangsung setiap tiga tahun, dan telah berlangsung secara rutin sejak 1997. Serta di organisir oleh World Water Council (WWC) dan negara tuan rumah.

 

Sumber: tempo

Related posts

Leave a Comment