130 Rumah Warga Rusak Terdampak Hujan dan Angin Kencang di Besitang

Akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, Minggu (20/2/2022), sebanyak 130 rumah warga di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, rusak.

topmetro.news – Akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, Minggu (20/2/2022), sebanyak 130 rumah warga di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, rusak.

Menurut Kepala Harian BPBD Pemkab Langkat Iwan Sahri lewat Lapsitnya yang diterima topmetro.news, akibat derasnya hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Hari Minggu (20/3/2022) sekira pukul 16.00 WIB hingga sore hari, mengakibatkan atap rumah warga lepas beterbangan. Bahkan ada pohon tumbang menimpa rumah warga dan memutuskan jaringan listrik.

“Saat ini listrik sudah menyala kembali. Masyarakat pun sudah mulai beraktifitas memperbaiki dan membersihkan rumah masing masing. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut,” terang Iwan Sahri.

Iwan Sahri menjelaskan, ada pun rincian kerusakan rumah warga akibat terdampak hujan deras dan angin kencang, antara lain di Kelurahan Kampung Lama, warga terdampak sebanyak 13 KK, 1 sekolah, 1 mesjid dan 1 kios jualan.

Di Kelurahan Bukit Kubu, warga yang terdampak sebanyak 8 KK dan Kelurahan Pekan Besitang, warga yang terdampak sebanyak 109 K. “Jadi total rumah warga yang rusak terdampak angin kencang di Kecamatan Besitang berjumlah 130 rumah (KK),” katanya.

Iwan Sahri menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk memverifikasi data warga yang terdampak. Sehingga dapat masuk kategori, apakah rusak ringan (RR), rusak sedang (RS), dan rusak berat (RB).

Selain itu, BPBD juga terus memonitor prakiraan cuaca dan peringatan dini dari website BMKG. Kemudian menyampaikan hasilnya kepada pihak kecamatan atau pihak kelurahan. Serta melaksanakan posko siaga bencana di Kantor BPBD Pemkab Langkat.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment