Dinas Lingkungan Hidup Dairi Terima Sumbangan 2000 Bibit Pohon Produktif

Dinas Lingkungan Hidup Dairi Terima Sumbangan 2000 Bibit Pohon Produktif

Topmetro.news – PT. Dairi Prima Mineral (DPM) sumbangkan 2000 bibit pohon produktif kepada Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan pada Rabu (23/03/2022) yang berlangsung di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Dairi.

Perusahaan tambang tersebut dan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup juga bersepakat untuk terus melakukan kerjasama pengelolaan dan kelestarian lingkungan dengan penanaman pohon produktif di lahan-lahan kristis.

Pembagian bibit pohon produktif tersebut didanai melalui Coorporate Social Responsibility (CSR) PT DPM. Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat, yang tertuang dalam “Pilar 6 Partisipasi Publik dan Kelola Lingkungan Penghijauan”.¬

Manager External Relation PT DPM, Holy Nurrachman melalui Bagian CSR PPM, Budianto Situmorang mengatakan telah melangsungkan serah terima bantuan 2000 bibit pohon produktif kepada Pemkab Dairi melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Amper Nainggolan.

“Bantuan tadi kita serahkan langsung ke Pemkab Dairi melalui Kadis DLH, Bapak Amper Nainggolan. Sebanyak 2000 batang bibit pohon,” Ungkap Budianto.

Budianto juga menjelaskan dalam rencana pemberian bibit tersebut perusahaan akan menyediakan sebanyak 7000 pohon. Dimana penyerahannya akan dilaksanakan secara bertahap, dengan leading sektor distribusi adalah Dinas LH Dairi.

“Untuk bibit -bibit tersebut yang nantinya bisa dimohonkan warga melalui Pemerintah Desa/kelurahan setempat kepada DPM dan Dinas LH Dairi di Kecamatan Silima pungga-pungga secara bertahap nantinya, dan kerjasama swadaya bersama Perusahaan dan warga setempat dalam pengelolaan lingkungan hijau dan penambahan dampak ekonomi setempat dari bertanam pohon buah-buahan tersebut .” ujar Budianto yang dalam penyerahan bibit didampingi Bagian Forestry/Nursery, Apriansyari Barus, Bagian Lingkungan Lauran Manik dan Staf Joko Sihombing, Dily Manik serta Perbin Lumbangaol.

Aktivitas Penghijauan

Ditambahkan Budianto, PT. DPM akan Senantiasa Memberikan bantuan bibit pohon demi keasrian lingkungan. namun, ia juga berharap agar seluruh stakeholder yang terkait dan masyarakat tidak melimpahkan seluruhnya kepada pihak perusahaan dalam mensukseskan program pelestarian lingkungan dan penghijauan. Budianto juga menerangkan untuk tahap ini, sebanyak 2000 batang pohon akan ditanam diseputar lintasan jalan mulai dari Sidikalang menuju Parongil.

Setelah menerima bantuan, Amper Nainggolan mengucapkan terima kasih kepada PT DPM. Yang antusias dalam mendukung program kelestarian dan pengelolaan lingkungan dengan pemberian 2000 bibit pohon produktif. Ini nantinya akan bisa memberikan tambahan pendapatan kepada masyarakat.

Ia juga mengatakan bahwa bibit pohon tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang berminat dan sekolah yang sedang melakukan penghijauan.

“Sebanyak 50-an sekolah saat ini telah mengajukan permohonan dan segera kami layani. Nanti juga bibit diserahkan kepada masyarakat yang berminat. Tujuan kita adalah penghijauan lahan kritis, pula jenis pohon ini merupakan pohon produktif. Yang bisa memberikan tambahan pendapatan,” jelas Amper Nainggolan.

Jumlah bibit yang telah diterima DLH Dairi pada tahap pertama di tahun 2021, sebanyak 1000 pohon dan saat ini ditambah lagi sebanyak 2000 pohon.

“Untuk bibit saat ini akan diprioritaskan untuk sekolah dan warga di Kecamatan Berampu, Lae Parira, Siempat Nempu dan Siempat Nempu Hilir. Mudah-mudah PT DPM terus berpartisipasi khususnya di Kecamatan Silimapungga-pungga terutama di wilayah lingkar tambang,” jelasnya.

Adapun Jenis pohon produktif yang diserahkan seperti buah duku, manggis, durian, petai. Dan asam gelugur tersebut disasar kepada masyarakat desa lingkar tambang Kecamatan Silima pungga-pungga dan masyarakat Kabupaten Dairi.

Untuk diketahui bibit pohon didatangkan perusahaan dari kebun bibit di Tangjung Morawa Medan. Dan kemudian dirawat di kebun/nursery PT DPM di Manjolor Parongil.

Penulis | Simon

Related posts

Leave a Comment