Pemkab Asahan Berencana Bangun Balai Latihan Kerja

Balai Latihan Kerja

topmetro.news – Seiring banyaknya perusahaan yang hadir, maka Pemkab Asahan berencana membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di kabupaten tersebut.

Demikian kata Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin MSi saat berkunjung ke BBPLK Medan, Rabu (7/4/2021). Yang mendampingi Wakil Bupati saat itu adalah, Kadis Ketenagakerjaan Budi Ansari MSi.

Pemkab Asahan berencana membangun BLK agar para calon pencari kerja memiliki kemahiran atau keterampilan sesuai bidang masing-masing. Sehingga akan untuk memudahkan mereka memperoleh pekerjaan.

Pembangunan BLK ini juga bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan memiliki keahlian di bidangnya. Hal itu sesuai dengan Visi Misi Pemkab Asahan yang sejahtera, religius, dan berkarakter.

Pasar Kerja

Saat ini banyak angkatan kerja lulusan SMP dan SMA sederajat, sementara persaingan dunia usaha cukup ketat. Banyak di antara mereka akhirnya tidak diterima di pasar kerja, karena kompetensi yang dibutuhkan perusahaan tidak sesuai dengan yang dimiliki pencari kerja. Sementara, saat ini perusahaan terus bermunculan di Asahan.

Salah satu langkah Pemkab Asahan adalah, menghadirkan BLK. Tujuannya, agar pencari kerja terlebih dulu dapat pelatihan sesuai dengan kebutuhan pasar. Sehingga ketika mereka melamar pekerjaan, maka perusahaan bisa langsung menerima karena kompetensinya jelas sesuai dengan kebutuhan.

Nantinya akan banyak pelatihan yang tersedia dan kemungkinan akan mengadopsi negara-negara maju. Misalnya program yang tersedia meliputi ‘in house training’ dan ‘on the job training’ untuk kejuruan, mesin industri, elektronika industri mekatronika dan sebagainya.

Dengan mengikuti program tersebut, nantinya peserta dapat bekal pelatihan dengan kompetensi untuk mengantisipasi perubahan teknologi dan kualifikasi pekerjaan yang berubah cepat. Setelah mengikuti diklat mereka akan memiliki sertifikasi khusus, sehingga kompetensinya akan dihargai perusahaan.

Warga Asahan

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati mengunjungi warga Asahan yang sedang mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di BBPLK Medan.

Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali PhD menyambut baik kehadiran Wakil Bupati dan rombongan. “Kami mendukung sepenuhnya niat baik yang disampaikan Wakil Bupati tentang rencana pembangunan BLK di Asahan. BBPLK Medan nantinya akan memberikan dukungan dalam menyiapkan calon tenaga kerja yang siap pakai serta berkualitas dan berkompeten. Sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja yang lain,” kata Ali.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment