SMA Negeri 1 Doloksanggul Humbahas Berangkatkan Siswa Kelas XII Menuju Ujian Akhir

Ratusan orangtua, guru, dan pemuka masyarakat melepas 337 siswa/i SMAN 1 Doloksanggul menuju ujian akhir, Kamis (14/4/2022)

topmetro.news – Ratusan orangtua, guru, dan pemuka masyarakat melepas 337 siswa/i SMAN 1 Doloksanggul menuju ujian akhir, Kamis (14/4/2022), di lapangan SMAN 1, Doloksanggul di Purbadolok Humbang Hasundutan.

\Acara pemberangkatan itu diawali kebaktian dengan rema, ‘Masa Depanku Sungguh Ada’ (Amsal 23:18), dengan pengkhotbah Pdt Donald Sinaga MTh, yang intinya, apa yang kita inginkan di masa depan harus kita mempersiapkan hari ini.

“Bersyukurlah punya masa depan, sesuatu yang lebih baik di masa depan. Banyak orang apatis dan pesimis menyongsong masa depan.. Ada juga berprinsip realistis, menyerah pada keadaan. Kalian generasi muda harus optimis mewujudkan masa depan yang baik dengan takut dan hampiri kepada Tuhan dan tau diri (sadari keterbatasan dan kemampuan),” ujar Pendeta.

Pada kesempatan itu, Pdt Donald Sinaga memberikan bantuan kepada Indah Nainggolan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Program Kerja

Kepala SMAN 1 Doloksanggul Richardo Silalahi SPd menyampaikan beberapa program yang sudah dan dilaksanakan. Antara lain bimbingan belajar gratis eXPERT Medan oleh Gomgom Silaban SSi,. Lalu ada test IQ yang dibiayai sekolah.

Kepala sekolah mengharapkan peranan pemangku kepentingan Doloksanggul untuk memberikan perhatian membantu penyelenggaraan program pendidikan di SMAN 1 Doloksanggul.

Silalahi mengatakan, perlu dukungan orangtua untuk mewujudkan berbagai kebutuhan sekolah. Di antaranya, pengamanan sekolah, pembangunan kamar mandi, pembangunan halaman dan pembelajaran tambahan. Untuk memberhasilkan program itu, bila disetujui orangtua, diharapkan bantuannya Rp64.000/siswa/tahun.

Kepala sekolah juga menyampaikan, siswa yang akan mengikuti ujian akhir 337 orang, laki-laki 138 dan 199 orang perempuan.

Ia juga memperkenalkan pemerhati pendidikan Ketua Yayasan Parade Guru Martua Situmorang, Ketua LSM Pendidikan Bisukma Dr Erickson Sianipar, dr Sahat Simorangkir, yang diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMAN 1 Doloksanggul pada mendatang.

Bantu Rp5 Juta.

Orangtua siswa Parulian Simamora memotivasi siswa agar tetap semangat dan berjuang untuk mencapai cita-cita. Jangan terlalu kaku untuk masuk perguruan tinggi. Kalau tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, jangan kecil hati, jadi lah pencipta lapangan kerja.

Menyahuti program kerja yang disampaikan kepala sekolah, pada kesempatan itu, Parulian Simamora menyampaikan dukungannya. “Saya mendukung kegiatan sekolah Rp5 juta,” sebut Parulian Simamora dan mendapat aplaus dari siswa, guru dan para orangtua.

Enam Karakter

Ketua LSM Pendidikan Bisukma Dr Erickson Sianipar mengatakan, generasi muda memiliki enam karakter. Yakni, anak yang beriman, memiliki semangat kebinekaan, semangat kemandirian, niat berkolaborasi (bekerja sama), orang yang memiliki kreativitas, bernalar kritis (mampu mengevaluasi dengan positif).

“Raih cita-citamu dengan semangat sampai di Era Emas 2040. Era Emas 2040 itu milik kalian,” katanya.

Sementara dr Sahat Simorangkir mewakili alumni, menggariskan, yang tidak bisa hilang darimu adalah cita-cita, iman dan motivasi hidupmu. “Tunjukkan kau orang hebat. Menjadi berlian dengan terus belajar,” katanya.

Komite Sekolah

Ketua Komite Sekolah Dirman Sinambela dalam sambutannya menyampaikan dukungan untuk pelaksanaan pembangunan SMAN 1. Saat itu ia didampingi anggota Pabor Simanullang, Tobirman Manalu, dan Laberto Simanullang.

“Komite Sekolah SMAN 1 Doloksanggul berkomitmen untuk mendukung pembangunan di sekolah ini,” ujar Sinambela dan berharap dan mendoakan Plt Kepala Sekolah Richardo Silalahi SPd menjadi kepala sekolah definitif.

Selanjutnya, Pabor Simanullang menyampaikan selamat mengikuti ujian kepada siswa teruslah selamat berjuang.

Pemberangkatan ini juga diwarnai aktraksi dan hiburan oleh siswa kelas X dan XI. Di antaranya Paskibra dan tari-tarian. Ada juga operet berjudul, ‘Anakkonhi do hamoraon di au’. Kemudian, paduan suara dan pembacaan puisi. Serta pelepasan guru T Lumban Gaol yang memasuki masa pensiun.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment