Penuhi Kebutuhan Likuiditas Nasabah Sebelum dan Setelah Idul Fitri, BTN Siapkan Uang Tunai Rp20,8 T

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyiapkan dana tunai sebesar Rp20,89 triliun untuk kebutuhan likuiditas nasabah menjelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

topmetro.news – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyiapkan dana tunai sebesar Rp20,89 triliun untuk kebutuhan likuiditas nasabah menjelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

Angka tersebut meningkat 56 persen dibandingkan dana tunai yang disiapkan perseroan pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 lalu (Rp13,4 triliun).

Hal itu diungkapkan Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman, Kamis (14/4/2022), di Jakarta.

Penyiapan dana tunai tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah selama 27 April hingga 9 Mei 2022 atau selama 13 hari kalender.

Menurut Ari, dari total dana tunai yang disiapkan sebesar Rp20,89 triliun tersebut, sebesar Rp6,27 triliun di antaranya (30 persen) akan dialokasikan untuk pengisian mesin ATM Bank BTN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sedangkan sisanya sebesar Rp14,62 triliun atau (70 persen) dianggarkan untuk kas pada seluruh outlet Bank BTN.

“Alokasi uang tunai mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dikarenakan pelonggaran kebijakan mobilitas masyarakat selama Hari Raya Idul Fitri 2022,” tegasnya.

Digital

Untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi selama masa libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022, Ari mengajak nasabah memanfaatkan channel digital banking Bank BTN.

Antara lain mobile banking dan internet banking. Salah satu kemudahan yang diberikan yakni nasabah bisa melakukan pengambilan uang tunai tanpa kartu melalui mobile banking perseroan.

“Kini Mobile Banking BTN bisa digunakan untuk berbagai keperluan transaksi tidak hanya pembayaran listrik, telepon dan isi ulang pulsa. Tetapi pembayaran berbagai e-commerce dan top up uang elektronik seperti LinkAja, Go-Pay maupun OVO juga bisa dilakukan melalui Mobile Banking BTN,” pungkasnya.

Rp14,7 M

Secara terpisah Branch Manager BTN Kepala Cabang Medan Carly Tambunan menjelaskan pada tahun 2022 kebutuhan total dana untuk Lebaran sebesar Rp14,7 miliar.

Dikatakannya, kebutuhan dana Lebaran pada tahun ini lebih besar pada tahun 2021 yang mempunyai kebutuhan total dana lebaran sebesar Rp12,6 miliar.

“Kebutuhan total dana untuk lebaran tahun 2020 sebesar Rp14,7 miliar. Tahun 2021 sebesar Rp11,6 miliar,” katanya.

Karena itu Carly berharap, kebutuhan dana lebaran bagi nasabah BTN dapat terpenuhi dengan baik pada tahun 2022 ini.

“Lebaran dengan lancar. Nasabah BTN pun terpenuhi akan kebutuhan dananya dengan baik dan nyaman,” pungkasnya.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment