Menjelang Operasi Ketupat, Polres Taput Cek Infrastruktur Jalan Antisipasi Ganguan Mudik

Polres Taput melalui Sat Lantas, melakukan pengencekan infrasktuktur khususnya bidang jalan sepanjang wilayah Tapanuli Utara,

topmetro.news – Polres Taput melalui Sat Lantas, melakukan pengecekan infrasktuktur khususnya bidang jalan sepanjang wilayah Tapanuli Utara, dalam rangka mendukung Operasi Ketupat Toba 2022 yang akan berlangsung mulai tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022 mendatang.

Kasat Lantas AKP Soya Lato SH langsung memimpin pengecekan sejumlah jalan untuk memantau situasi dan kondisi jalan. Di mana saat berlangsungnya nanti Ops Ketupat Toba 2022 tidak menjadi hambatan kelancaran arus lalu lintas bagi masyarakat yang ingin melaksanakan liburan untuk melaksanakan perayaan Hari Raya Idlhul Fitri 1443 H.

Kasi Humas Polres Taput Aiptu W Baringbing kepada sejumlah wartawan menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal Polres Taput melakukan persiapan, agar warga yang ingin mudik dan melintas dari wilayah Taput bisa berjalan dengan lancar.

Titik Rawan Jalan

Dari hasil pengecekan petugas Sat Lantas, ada bebera titik yang dianggap rawan berpotensi menjadi hambatan kelancaran arus lalu lintas.

Seperti di Jalan Tarutung menuju Kecamatan Sipahutar di KM 1 sepanjang 1 kilometer jalan berlubang-lubang. Di Jalan Tarutung Sipahutar KM 4 jalan rusak sepanjang 500 meter. Jalan Tarutung Sipahutar KM 17, jalan berubang-lubang sepanjang 200 meter.

Kemudian, Jalan Siborongborong menuju Sipahutar KM 15, jalan tergenang air karena tak ada drasinase. Jalan Pangaribuan menuju Sipirok Tapsel KM 12-13 jalan amblas sepanjang 7 meter.

Selanjutnya, Jalan Tarutung -Sibolga KM 27, jalan berlobang sepanjang 1 kilometer. Serta Jalan Tarutung menuju Sipirok KM 18, jalan mengalami longsor sepanjang 5 meter.

“Untuk menanggulangi agar tidak sampai mengganggu arus lalu lintas saat liburan nantinya, kita sudah berkordinasi dengan Dinas PU Provinsi Sumut. Karena status jalan tersebut merupakan jalan provinsi,” kata Baringbing.

Untuk membackup Provisi Sumut, kita juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PU Pemkab Taput. Agar secara bersama-sama melakukan penanggulangan untuk tidak menghambat kelancaran lalu lintas nantinya,” lanjutnya.

Sedangkan personil dari Polres Sudah kita siapkankan nantinya di masing-masing titik jalan yang mengalami kerusakan untuk mengatur lalu lintas apabila belum ada perbaikan dari dinas terkait,” tutup Baringbing.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment