Mei 2022, Finlandia dan Swedia Dilaporkan Siap Gabung NATO

Mei 2022, Finlandia dan Swedia Dilaporkan Siap Gabung NATO

topmetro.news – Finlandia dan Swedia akan bersama-sama mengungkapkan keinginan mereka untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada Mei 2022. Surat kabar tabloid Iltalehti di Finlandia dan Expressen di Swedia melaporkan ini pada Senin, 25 April 2022. Mengutip sumber yang dekat dengan isu tersebut.

Menurut Iltalehti, para pemimpin Finlandia dan Swedia berencana untuk bertemu pada Minggu, 16 Mei 2022. Lalu setelah itu secara terbuka mengumumkan rencana untuk mendaftar bergabung dengan NATO.

Harian Swedia Aftonbladet melaporkan secara terpisah, bahwa Amerika Serikat dan Inggris telah menjanjikan Swedia peningkatan kehadiran militer, latihan militer yang lebih mendalam dan dukungan ‘politik yang kuat’ dari negara-negara NATO selama kemungkinan proses aplikasi NATO. Aftonbladet mendapatkan informasi ini dari sumber-sumber yang dekat dengan kantor-kantor pemerintah Swedia

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto menolak berkomentar soal wacana ini. Tetapi menegaskan pandangannya yang sudah lama bahwa dia lebih suka Finlandia dan Swedia membuat pilihan yang sama. Sementara, Kementerian luar negeri Swedia menolak mengomentari laporan Expressen dan Aftonbladet.

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengunjungi koleganya dari Swedia Magdalena Andersson sekira dua pekan lalu. Dia mengharapkan, Finlandia segera membuat keputusan untuk mengajukan keanggotaan NATO dalam beberapa minggu.

Meskipun jadi mitra NATO sejak Rusia mencaplok Krimea pada 2014, negara-negara Nordik itu memilih untuk tidak ikut campur dengan aliansi dalam keanggotaan. Akan tetapi, invasi Rusia ke Ukraina telah memaksa Swedia dan Finlandia untuk meninjau ulang apakah netralitas militer mereka yang sudah berlangsung lama masih merupakan cara terbaik untuk memastikan keamanan nasional.

Stockholm sedang melakukan tinjauan kebijakan keamanan, yang mencakup pandangan tentang kemungkinan keanggotaan NATO, dengan hasil yang akan jatuh tempo pada pertengahan Mei. Secara terpisah, Partai Sosial Demokrat yang berkuasa di Swedia juga meninjau keberatan lama mereka terhadap keanggotaan NATO, yang diharapkan paling lambat rampung pada 24 Mei.

 

Sumber: tempo.co

Related posts

Leave a Comment