Polres Langkat Zoom Meeting Latpra Ops Kepolisian Ketupat Toba 2022 Dipimpin Kapolda Sumut

Polres Langkat Zoom Meeting Latpra Ops Kepolisian Ketupat Toba 2022 Dipimpin Kapolda Sumut
Advertisement

Topmetro.news – Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK dan jajaran melangsungkan kegiatan Zoomeet Latpra Ops Kepolisian Ketupat Toba 2022 yang dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol Drs.RZ Panca Putra Simanjuntak MSi, Selasa (26/4/2022) sekira pukul 10.45 WIB bertempat di Lapangan Bharadaksa Polres Langkat.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala SPN Polda Sumut Kombes Pol Mahedi Surindra SH SIK, Kapolres Langkat AKBP Danu Panungkas Totok SH SIK, Waka Polres Langkat Kompol Hendri Nupia Dinka Barus SH SIK, Para PJU Polres Langkat, Para Kapolsek jajaran Polres Langkat dan Personil yang terlibat Pos Pam dan Pos Pelayanan Polres Langkat.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs.RZ Panca Putra Simanjuntak MSi menyampaikan agar seluruh jajarannya mempersiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan kesiapan Pam Ops Ketupat Toba 2022.

Menurut Kapolda, pada libur Idul Fitri 1 Syawal 1443 H sudah ada arahan dari Presiden RI Joko Widodo jika masyarakat diperbolehkan mudik tahun ini.

“Mari kita sama-sama menyusun rencana sebuah strategi yang tepat di dalam pelaksanaan tugas dilapangan, berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik tahun ini. Diharapkan kepada anggota di lapangan khususnya personil Lalulintas untuk pengaturan lalulintas jangan asal-asalan untuk penertipan arus mudik sehingga tidak menimbulkan kemacetan dan mempersiapkan alat-alat seperti mobil derek ketika ada mobil yang mogok di jalur lintas cepat untuk ditangani,” ujar Kapolda.

Atensi Kemacetan

Selain itu, Kapolda meminta atensi kepada para Kapolres terkait adanya kemacetan. “Kepada seluruh Kapolres, saya tidak mau tau ada terjadi kemacetan di wilayah masing-masing. Saya berharap tahun ini lebih baik lagi dari tahun lalu dalam pelaksanaan pengamanan mudik. Semua Pos Pam harus tau cara bertindak di lapangan dan saya akan mengecek satu persatu. Kapos Pam harus mampu mengorganisir orang-orang yang ada di sekitarmu, lakukan pengecekan dan perlengkapan Pos Pam,” tegasnya.

Kapolda juga berharap agar pengamaan Pos Pam harus menggunakan rompi di lapangan. “Tidak ada personil di lapangan sendirian untuk pengamanan. Untuk perhatian kepada Kapolres jajaran agar memperhatikan kesehatan anggota Pos Pam di lapangan dan berikan pengarahan. Perlengkapan HT yang paling utama di lapangan. Dan kepada anggota di lapangan terkhusus di perbatasan jangan ada yang meminta-minta kepada masyarakat. Selamat bertugas dan tetap semangat,” tegas Kapolda.

Sekira pukul 12.00 WIB giat Zoom Meeting dari Kapolda Sumut telah selesai dilaksanakan dan langsung dilanjutkan dengan arahan internal dari Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK.

Menurut Kapolres, terkait dengan arahan dari Kapolda Sumut tentang pelaksanaan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Oprasi Ketupat Toba 2022 agar dipahami perbedaan Pos Pam dengan Posyan.

“Oprasi Ketupat sudah tiap tahun kita laksanakan agar masing-masing personil supaya memahami pelaksanaan tugas di lapangan. Ka.Pos Pam juga harus mempersiapkan senpi laras panjang, rompi, buddy sistem, HT dan lain-lain,” ujar Danu.

Pengaturan Lalulintas

Kapolres juga meminta agar menyiapkan bendera pengaturan lalulintas pada siang hari di wilayah Sei Karang dan Besitang agar terhindar dari lakalantas.

“Pengecekan kesiapan senter pada malam hari yang ada di Pos Pam dan kelengkapan kotak P3K. Penampilan sikap tampang perorangan dalam pelaksanaan tugas, serta memakai pakaian dinas harus diperhatikan. Kepada Kapolsek, harus mempersiapkan bengkel 24 jam, Mobil Derek, ples area, rumah sakit 24 jam (ambulan) di lokasi Pos Pam. Kepada Kasat Lantas agar mempersiapkan anggotanya guna mengantisipasi kemacetan di Jembatan Wampu. Mengurangi lakalantas di tempat-tempat yang rawan kecelakaan, juga menggunakan barkod peduli Lindungi dan vaksin ke-3 jika belum agar melaksanakan penyuntikan vaksin di Pos Pam,” tegas Kapolres.

AkBP Danu Pamungkas Totok juga mengingatkan bahwa untuk takbir keliling diberikan himbauan kepada masyarakat agar dikurangi kegiatannya. “Jangan berkerumum untuk menghindari Covid-19, kelengkapan sarana Pos Pam. Dalam hal ini Kapos Pam bertanggung jawab penuh di lapangan,” tandasnya.

Sementara itu, Waka Polres Langkat Kompol Hendri Nupia Dinka Barus SH SIK, menyampaikan terkait cara bertindak Pos Pam. Yaitu mengantisipasi gangguan Harkamtibmas dan Kamcerticablantas untuk mengurangi kemacetan.

“Kelengkapan pelaksanaan Pos Pam, Kapospam yang bertanggung jawab. Silahkan berinovasi di tempat Pos Pam agar menarik perhatian masyarakat seperti tempat pijat, bengkel 24 jam dan lain-lain. Selain itu, pelaksanaan Pos Yan di lapangan agar memberikan himbauan dan humanis kepada masyarakat. Untuk serah terima piket harus sesuaikan dengan jadwal piket. Malam ini harus sudah bisa ditempatkan personilnya di Pos Pam masing-masing.

Waka Polres juga mengingatkan, terkait dengan situasi dan kegiatan prrsonil, Kapospam yang bertanggungjawab di lapangan,” tutupnya.

Reporter | Rudy Hartono

 3 total views,  1 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment