Zakat dan Infaq Pemkab Asahan 1443 H Terkumpul Rp723 Juta

Setiap tahun di Bulan Ramadhan, Pemkab Asahan melakukan pengumpulan zakat dan infaq di Rumah Dinas Bupati Asahan. Tahun ini terkumpul sebanyak Rp723.857.778

topmetro.news – Setiap tahun di Bulan Ramadhan, Pemkab Asahan melakukan pengumpulan zakat dan infaq di Rumah Dinas Bupati Asahan. Tahun ini terkumpul sebanyak Rp723.857.778, baik cash maupun berupa pernyataan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan menyerahkan zakat sebesar Rp10 juta, Hj Titiek Rp1,5 juta, Wakil Bupati Rp 2,2 juta, Sekda Rp3,5 juta, dan OPD lainnya, Rabu (27/4/2022) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan Allah SWT menciptakan manusia berbeda beda. Rezekinya juga berbeda-beda. “Ada yang berlebih dan ada yang kekurangan. Perbedaan itu bertujuan agar kita saling berbagi dan mengasihi antara sesama,” katanya.

Zakat salah satu ibadah yang menjadi kewajiban individu yang memiliki harta. Zakat dikeluarkan sesuai aturan yang berlaku, sehingga memiliki dimensi sosial dalam mewujudkan solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan dan lainnya.

Sejak tahun 2011, Pemkab Asahan telah melaksanakan zakat dan infaq dari penghasilan (profesi) yang tersalur ke Baznas Asahan. Apabila zakat dan infaq dihimpun dan dikelola secara profesional, transparan dan tepat sasaran, maka dana tersebut menjadi alternatif untuk penyelesaian berbagai persoalan khususnya kemiskinan.

“Dengan pemahaman yang benar, maka kesadaran masyarakat mengeluarkan zakat semakin meningkat. Kita berharap kelembagaan Baznas dari pusat hingga daerah mendapat kepercayaan masyarakat. Baznas diharapkan mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak,” katanya.

Di akhir sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada Baznas Asahan yang telah mengelola dana zakat dan infaq dengan baik. Bupati juga mengucapkan kepada semua pihak yang telah mengeluarkan zakat dan infaqnya.

Audit Zakat Infaq

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Baznas Asahan Ir H Ansa’ari Margolang menyerahkan hasil audit akuntan publik tentang pengelolaan zakat dan infaq kepada Bupati.

Hadir dalam acara, Wakil Bupati Asahan, Ketua PKK Asahan, Sekda, asisten, staf ahli, OPD, kabag, hingga camat dan lurah. Hadir juga, Ketua MUI Asahan, Ketua Baznas Asahan, dan undangan lainnya.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment