Pemkab Asahan Raih WTP 5 Kali Berturut

Pemkab Asahan kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kelima kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

topmetro.news – Pemkab Asahan kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kelima kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021, di Aula BPK RI perwakilan Sumut, Kamis (28/4/2022).

Laporan hasil pemeriksaan BPK diserahkan Ketua BPK RI perwakilan Sumut, Eydu Oktain Panjaitan kepada Bupati Asahan H Surya BSc didampingi Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi, Sekda Drs H John Hardi Nasution MSi, Asisten III Khaidir Afrin SE dan OPD terkait.

Opini atas laporan keuangan disusun dengan mempertimbangkan 4 kriteria yakni kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan, efektivitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Dalam mekanismenya, laporan keuangan wajib disampaikan Pemerintah Daerah kepada BPK untuk selanjutnya dikonsolidasikan menjadi LKPD.

Capaian ini merupakan ke 5 bagi Pemkab Asahan yang berhasil mempertahankan opini WTP untuk LKPD sejak 2017. Bupati sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan LKPD tahun 2021 sehingga diperoleh WTP.

“Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Pemkab Asahan, karena bisa mempertanggungjawabkan anggaran tahun 2021. Pemkab Asahan memperoleh WTP ke tujuh secara berturut- turut,” kata Bupati.

Pemkab Asahan akan berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan setiap program pembangunan dan akan selalu berusaha melaksanaan anggaran dengan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat.

“Itu semua demi mewujudkan visi misi Pemkab Asahan sejahtera, religius dan berkarakter,” kata Bupati.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment