Mudik Mabuk Laut saat Mudik, Ini yang Harus Kamu Lakoni

mengatasi mabuk laut

TOPMETRO.NEWS – Mudik mabuk laut, jangan bingung ya. Memang mabuk laut bisa menjadi masalah yang terjadi saat mudik dengan kapal seperti sekarang ini. Lantas bagaimana cara mengatasi mabuk laut? Yuk, simak selengkapnya di sini.

Biar sama-sama kita ketahui, mabuk laut muncul akibat merasakan gerakan berulang selama perjalanan dengan kapal laut, misalnya guncangan akibat deburan ombak, akselerasi kapal, dan lain-lain.

Gerakan-gerakan itu akan ditangkap oleh sistem keseimbangan tubuh, yaitu sistem vestibular di telinga dalam, penglihatan, kulit, dan otot.

Mekanisme mabuk laut bermula dari perbedaan persepsi yang diterima sistem keseimbangan tubuh.

Gejala-gejala mabuk laut yang umumnya timbul antara lain pusing, mual muntah, peningkatan air liur, berkeringat, lemas, kesemutan, bersendawa, dan tubuh terasa hangat.

Cara Mengatasi Mabuk Laut

Ada beberapa cara mengatasi mabuk laut, diantaranya:

1. Cari Udara Segar

Anda disarankan untuk tidak berada di dalam kamar atau tempat tertutup di atas kapal. Lebih baik lihat pemandangan sekitar.

Dengan cara itu, mata Anda akan memperoleh informasi seputar adanya pergerakan lewat perubahan pemandangan, dan menyesuaikannya dengan stimulus dari sistem vestibular.

Anda juga akan mampu sedikit memperkirakan pergerakan kapal, misalnya kapan saatnya melambat, akselerasi, ataupun berhenti. Hal ini dapat mengurangi potensi mabuk laut.

Posisi terbaik untuk menghindari mabuk laut saat berada di atas kapal adalah duduk di bagian tengah kapal.

2. Jangan Sampai Perut Kamu Kosong

Saat perjalanan jauh, penting untuk mengisi perut sebelumnya dengan jenis makanan yang disarankan, seperti makanan rendah lemak.

Kecukupan cairan juga sangat penting bagi Anda. Ingatlah untuk makan secukupnya, jangan berlebihan.

Perut yang kosong bisa memicu peningkatan asam lambung. Kondisi ini dapat mencetuskan pusing dan mual muntah yang akan semakin memperburuk kondisi mabuk laut.

3. Mengunyah

Cara menghilangkan mabuk laut juga bisa dengan snack favorit. Mengunyah makanan selama perjalanan di kapal dapat mengurangi mabuk laut.

Agar lebih praktis, Anda juga bisa mengunyah permen karet untuk meredakan mabuk di perjalanan.

4. Kegiatan untuk Pengalihan Perhatian

Beberapa bentuk distraksi yang dapat Anda lakukan misalnya mendengarkan musik, menghirup aromaterapi, dan tidur.

Dengan aktivitas ini, diharapkan Anda akan teralihkan dari rasa pusing dan mual akibat mabuk laut.

5. Hindari Membaca Buku atau Menonton Film di Kapal

Meski menyenangkan dan dapat mengalihkan perhatian, kegiatan seperti membaca buku, menonton film, ataupun memainkan gadget di kapal sebaiknya dihindari.

Aktivitas ini justru dapat memperburuk mabuk laut yang Anda alami. Melihat tulisan yang banyak, gambar yang terus bergerak, dan layar yang terang akan membuat Anda semakin pusing dan mual.

6. Hindari Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat diketahui dapat meningkatkan rasa mual, sehingga sebaiknya dihindari apabila memungkinkan.

Golongan obat itu antara lain antibiotik (azitromisin, metronidazol, eritromisin), obat hormon estrogen (kontrasepsi oral), obat antiparasit (albendazol, klorokuin), dan obat penghilang nyeri (ibuprofen, indometasin).

Konsultasikan kepada dokter sebelum perjalanan bila Anda sedang rutin mengonsumsi obat tersebut.

7. Isap Permen Jahe

Jahe diketahui dapat mempercepat pengosongan lambung dan mengurangi mual atau muntah. Makan permen jahe bisa menjadi cara mengatasi mabuk laut yang mudah.

Selain itu, mengunyah permen jahe juga dapat Anda jadikan sebagai distraksi.

8. Pilih Area yang Meminimalisir Mabuk Laut

Hindari bagian kapal yang besar guncangannya. Carilah spot yang guncangannya kecil, misalnya di bagian belakang kapal. Bagian tengah kapal juga bisa Anda pilih.

Jika duduk, usahakan di dekat jendela agar dapat memandang keluar. Ini akan menghindari Anda dari mabuk laut.

9. Mengonsumsi Obat Antimabuk Perjalanan

Anda dapat membawa obat mabuk laut atau perjalanan yang dijual bebas di apotek. Umumnya obat ini dikonsumsi 30-60 menit sebelum keberangkatan.

Penggunaan obat antimabuk perjalanan termasuk cara menghilangkan mabuk laut yang efektif. Namun, jangan lupakan efek samping yang dapat terjadi, misalnya mengantuk.

Ada baiknya bila Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obat penghilang mabuk.

Itulah cara mengatasi mabuk laut saat mudik dengan kapal laut. Semoga bermanfaat!

BACA PULA | Poldasu Periksa 8.930 Pemudik dengan Swab Antigen

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya Polda Sumut (Sumatera Utara) beserta Polres sejajaran telah memeriksa 8.930 pemudik serta memutar paksa 8.333 kendaraan yang mencoba melintas pos pengamanan dan penyekatan perbatasan Provinsi dan Kabupaten/Jota.

Polisi menyebut pemudik yang melintas dilakukan pemeriksaan swab antigen, begitu juga kendaraan yang akan mudik diputar balik.

sumber\foto | KAIROS
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment