Personel Sat Polairud Polres Asahan Patroli di Perairan

Personel Sat Polairud Polres Asahan Patroli di Perairan

topmetro.news Personel Sat Polairud Polres Asahan Tim Regu I dari Bripka Dedi Alhidayat, dan Bripka Noji Syamsuar melaksanakan Patroli di wilayah Perairan Wilkum Polres Asahan menggunakan Kapal Patroli KP  II-1027 Sat Pol Airud, Senin (9/5/2022).

“Patroli yang dilaksanakan dalam rangka melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal yang diduga membawa TKI ilegal, barang ilegal atau barang yang dilarang keluar masuk melalui perairan Asahan,” ucap Kasat Pol Airud Asahan Ipda Mat Solekan.

Kepada Kapal Nelayan/ABK yang di berhentikan, Personel Patroli selalu mengingatkan agar terlebih dahulu melakukan pemeriksaan mesin sebelum berlayar. Lalu melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti jaket pelampung, ring boy, APAR dan kotak P3K.

Selanjutnya mengajak menjadi mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas. Dengan memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau kejahatan. Seperti Ilegal fishing, TKI Ilegal yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal dan barang-barang ilegal. Seperti Ballpress dan juga Narkoba.

Lalu Personel Sat Polairud Polres Asahan juga sosialisasi tentang pencegahan penularan virus corona dengan menyosialisasikan Protokol Kesehatan imbauan Pemerintah. Sebagai upaya agar terhindar dari Penyebaran Covid-19 Varian baru Omicron.

Ipda Mat Solekan menyebutkan setelah selesai kegiatan sosialisasi, personel melanjutkan patrol. Yang dimana ada mencurigai kapal berlayar sehingga kedua petugas Sat Polairud melakukan pengejaran terhadap kapal yang dicurigai tersebut yang datang dari Laut  tujuan Tanjung Balai, diposisi/koordinat : N  =  3°   01′  27.5852″

E  = 99°   51′   41.364″ dan kapal tersebut dapat mereka hentikan.

“Dari pemeriksaan, kapal tersebut dengan dokumen lengkap yang bernama KM.SRI Mengambang GT.30 No.2153 dan di nakhodai oleh Sangkot Yusri serta jumlah penumpang sebanyak 12 orang. Lalu kepada nahkoda di beri himbauan dan arahan untuk selalu waspada, menjaga keselamatan berlayar dan berkerja di laut,” pungkasnya.

Reporter | Kiki Sitepu

Related posts

Leave a Comment