Bupati Taput Resmi Buka Ausbildung Demi Meningkatkan SDM Berkualitas

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi membuka secara resmi Pelatihan Ausbildung (Bahasa Jerman) bagi warga Tapanuli Utara.

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi membuka secara resmi Pelatihan Ausbildung (Bahasa Jerman) bagi warga Tapanuli Utara. Kegiatan berlangsung di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Silangkitang, Selasa (17/5/2022).

Turut mendampingi, Kadis Ketenagakerjaan Sofian Simanjuntak, pengurus Yayasan Satya Mitra Nusantara Marihot Gultom, dan beberapa pimpinan OPD terkait. Hadir orangtua peserta atau yang mewakili. Juga para orangtua warga yang sudah berhasil mendapat pekerjaan di Jerman.

Sebanyak 40 orang peserta merupakan muda-mudi se-Tapanuli Utara yang telah lulus seleksi. Mereka akan dapat pembekalan selama enam bulan ke depan. Selanjutnya mengikuti beberapa tahapan seleksi lagi hingga lulus untuk berangkat ke Jerman. Ausbildung ini merupakan pendidikan vokasi di Jerman dengan sistem belajar sambil bekerja selama tiga tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nikson Nababan menjelaskan bahwa pelaksanaan pelatihan Bahasa Jerman merupakan salah satu upaya dan perhatian Pemkab Taput dalam menciptakan SDM yang memiliki daya saing dan etos kerja yang tinggi. Sejalan dengan Visi Misi Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung SDM yang berkualitas.

“Maka untuk mencapai itu semua Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melaksanakan pelatihan Bahasa Jerman ini guna mempersiapkan saudara/saudari sekalian. Untuk dapat mengikuti program kegiatan yang dimaksud. Saya berharap semua peserta pelatihan agar benar-benar mengikuti pelatihan ini dengan serius. Karena saudara/saudari semua adalah orang-orang yang terpilih dan beruntung untuk dapat mengikuti pelatihan ini. Sekarang saudara dituntut untuk belajar keras untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan. Ke depannya kegiatan seperti ini akan kita programkan,” ujar Bupati mengawali.

“Semua peserta pelatihan harus belajar dengan semangat, cerdas, tekun. Dan tetap memiliki integritas serta disiplin yang tinggi. Agar saat anda memulai pendidikan vokasi di Jerman semuanya akan berjalan dengan baik dan lancar. Saudara juga akan membawa nama Kabupaten Tapanuli Utara harum dan terkenal sampai ke Negara Jerman nantinya,” ujar Bupati menambahi.

“Harapan saya kepada instruktur atau narasumber agar memberikan yang terbaik kepada para peserta pelatihan dalam berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana cara bersosialiasi yang baik dan bekerja di Negara Jerman. Terimakasih atas partisipasinya. Semoga kita bersama-sama dalam membangun Bona Pasogit yang kita cintai ini melalui peningkatan SDM yang berkualitas, untuk dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Tapanuli Utara,” ujar Bupati mengakhiri.

Ausbildung Bukan TKI

Di kesempatan sebelumnya, dalam laporannya, Kadis Ketenagakerjaan Sofian Simanjuntak menjelaskan bahwa kegiatan Ausbildung itu mempersiapkan putra putri Tapanuli Utara berangkat ke Jerman untuk mendapat pekerjaan, gaji tetap dan pendidikan vokasi keterampilan.

Ia menambahkan, bahwa Ausbildung berbeda dengan bekerja sebagai TKI di luar negeri. Karena dalam program Ausbildung, setiap peserta nantinya akan melamar ke perusahaan yang sudah ada dalam daftar program. Ausbildung juga memberikan banyak keuntungan. Seperti belajar sambil bekerja, mendapatkan gaji dan asuransi jiwa. Kemudian, mendapatkan tempat tinggal serta jenjang karir yang cemerlang.

“Para Instruktur yang hadir adalah yang sudah memiliki sertifikat instruktur Bahasa Jerman. Sehingga kita yakini bisa membimbing peserta yang sungguh-sungguh bertekad dan memberikan perhatiannya dijamin akan lulus. Kita mengundang orangtua peserta untuk hadir agar bisa memahami maksud dan tujuan kegiatan ini. Dan tidak lepas tanggung jawab juga tidak ragu melepaskan anaknya untuk bekerja dan mendapat pendidikan di Jerman,” tutur Sofian Simanjuntak.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment