Pemprov Sumut Hadiri Dialog Publik, Peringati 114 Tahun Hari Kebangkitan Nasional

Pemprov Sumut Hadiri Dialog Publik, Peringati 114 Tahun Hari Kebangkitan Nasional

Topmetro.news – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menandai peringatan 114 Tahun Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dengan terus berupaya untuk bangkit bersama, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal 2020 lalu.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat M Fitriyus dalam sesi Dialog Publik Peringatan 114 Tahun Harkitnas ‘Bangkitlah Negeriku, Bersama Kita Bersatu Menuju Indonesia Maju’, yang disiarkan dari TVRI Stasiun Sumut, Rabu (18/5).

Hadir di antaranya, Sekretaris Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Eddy Sofyan selaku narasumber. Dan sejumlah pejabat pendamping dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumut. Dipandu pembawa acara sekaligus moderator Ayu Alfinia Qori.

Dalam dialog tersebut, M Fitriyus menyampaikan bahwa Gubernur-Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, selama dua tahun terakhir sejak awal pandemi Covid-19 hingga sekarang terus berupaya keras membawa provinsi ini ke arah perbaikan hingga kebangkitan. Mengingat selama 2020 hingga 2021, program pemerintah sebagian besar difokuskan untuk bagamiana menangani penyebaran virus Corona dan membantu masyarakat mempertahankan perekonomian yang terpuruk akibat pembatasan.

“Kita ketahui bersama bahwa Pak Gubernur dan Wakil Gubernur terus berupaya. Bagaimana masyarakat yang menghadapi kesulitan di masa pandemi selama dua tahun terakhir (2020-2021), bisa bertahan. Baik dari segi kesehatan maupun ekonomi,” ujar Fitriyus.

Bahkan hingga saat ini, katanya, dimana kasus penularan Covid-19 telah jauh menuru. Pemprov Sumut masih menjadikan kondisi perekonomian yang terpuruk akibat pandemi sebagai dasar untuk membangkitkan kembali taraf ekonomi masyarakat, melalui beragai program.

Sebagaimana disampaikan Gubernur-Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dalam banyak kesempatan, seperti mendorong pembangunan di sektor pertanian, parwisata dan UMKM. Sehingga pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Generasi Muda

Selain itu, Fitriyus juga menyebutkan bahwa Pemprov Sumut tengah memfokuskan kembali pembangunan infrastruktur yang sempat terhambat selama kurun waktu 2020 hingga 2021 akibat pandemi. Program tersebut dinilai sebagai pendorong laju perekonomian masyarakat dengan mempermudah akses mobilitas warga.

Sementara Sekretaris DHD 45 yang juga mantan Kadis Kominfo Sumut, Eddy Sofyan menyampaikan bahwa tema Harkitnas 202. Sangat berkaitan erat dengan harapan kebangkitan bangsa yang selama dua tahun terpuruk akibat pandemi Covid-19. Berbagai catatan kelam di antaranya kematian, persoalan kesehatan hingga krisis ekonomi yang tidak hanya melanda Sumut, tetapi dunia.

Momentum Harkitnas ini juga menurut Eddy Sofya. Harus bisa disikapi dengan bijak oleh anak bangsa terutama para generasi muda yang kini menghadapi era teknologi informasi. Sebab tantangan kehidupan semakin besar dan terbuka, dimana antara masa memperjuangkan, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan seperti sekarang hingga masa mendatang, akan sangat berbeda.

“Selama cita-cita kemerdekaan itu belum terwujud, maka selama itu pula generasi demi generasi mengisi kemerdekaan itu. Dengan menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi dengan meningkatkan kretivitas dan daya juang yang tinggi,” ujarnya.

Selain itu, Eddy juga mengingatkan bahwa upaya kebangkitan bangsa saat ini. Tidak dirusak karena isu politik yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan di bumi NKRI. Sebab, meskipun Pemilu serentak akan digelar 2024 mendatang, saat ini riaknya sudah mulai terlihat.

Karenanya diperlukan sikap yang mempedomani cita-cita kemerdekaan, falsasah bangsa (Pancasila) dan landasan konstitusional bangsa. Serta memiliki komitmen mempertahankan identitas kebangsaan agar Indonesia, khususnya Sumut bisa bangkit bersama dan bersatu mewujudkan cita-cita kemerdekaan RI.

Penulis | Erris

Related posts

Leave a Comment