Apkasi Diyakini Tingkatkan Kerjasama Antara Daerah

Apkasi Diyakini Tingkatkan Kerjasama Antara Daerah

Topmetro.news – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Wilayah Sumatera Utara, di Komplek Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Kamis (19/5/2022).

Sebelum Rakerda, para Bupati dan Wakil Bupati yang hadir melakukan MoU di Pendopo Kerajaan Bedagai di Komplek Kantor Bupati Sergai, dilanjutkan peninjauan pameran Dekranasda, di halaman Kantor Bupati.

Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengapresiasi Bupati Serdang Bedagai yang juga Korwil I Apkasi Sumatera Utara yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kami sangat apresiasi, walau sempat tertunda karena covid lalu, kini Muswil Apkasi dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh pemerintah kabupaten untuk terus bersinergi dan menjalin kerjasama antar daerah terkait potensi-potensi daerahnya masing-masing.

“Apkasi siap memberikan peluang kerjasama antar daerah. Berbagai produk unggulan dari daerah dapat dikerjasamakan demi memenuhi kebutuhan masyarakat,”tambahnya.

Sutan Riska menambahkan hasil Muswil Apkasi Sumut ini nantinya akan dibawa dan dibahas di Munas Apkasi di Bogor.

“Kami hadir bersama untuk membahas isu strategis. Salah satu tugas pokok Apkasi adalah memfasilitasi permasalahan di tingkat provinsi maupun di pusat. Hasil rapat ini akan kami bawa ke Munas Apkasi di Bogor dalam waktu dekat,” ujar Sutan Riska didampingin Sekjen Apkasi Adnan Purichta Ichsan.

Jalankan Program

Sementara itu, Plt.Bupati Langkat disela-sela kegiatan mengaku Apkasi meningkatkan kerjasama antar daerah (pemerintah kabupaten). Pihaknya pun siap bersinergi untuk mewujudkan program kerja Apkasi dalam upaya memajukan Kabupaten di Sumut.

“Pemkab Langkat siap menjalankan program Apkasi. Kami yakin bersama Apkasi Langkat dan Kabupaten lainnya di Sumut semakin maju dan sejahtera,” cetusnya.

Sebelumnya Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya mengucapkan selamat datang kepada Ketum dan Sekjen beserta rombongan serta kepala daerah yang hadiri.

“Inilah kami, kabupaten Serdang Bedagai, Tanah Bertuah Negeri Beradat. Dengan tema kerjasama antar daerah, kita tingkatkan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah. Saya harap jalinan kerjasama yang selama ini telah terjalin dapat terus ditingkatkan. Baik kerjasama dibidang pariwisata, pertanian, perkebunan, peternakan dan lainnya harus ditingkatkan demi kemaslahan masyarakat,” ujar Darma.

Darma Wijaya juga menjelaskan bahwa Serdang Bedagai memliki luas lebih kurang 190 ribu hektar. Seratus ribu hektar diantaranya merupakan perkebunan, 40 ribu hektar pertanian dengan irigasi 30 ribu hektar. Dengan potensi wilayah ini, tentunya banyak kerjasama yang dapat dilakukan.

“Kami juga melakukan inovasi di peternakan sapi. Bagi Bapak/ Ibu kepala daerah yang membutuhkan daging sapi dapat mengimpornya dari wilayah kami,”tandasnya.

Turut hadir sebagai narasumber Direktur Meteorologi, Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan Matheus Hendro Purnomo, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri. Serta Bupati Labura, Batubara, Labusel, Toba, Nias, Samosir, Asahan, Pak Pak Bharat, Wabup Deli Serdang, Wabup Labuhan Batu, serta sejumlah Sekda dan Asisten Pemerintah Daerah masing-masing.

Penulis | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment