Polres Langkat Ikuti Kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Polres Langkat Ikuti Kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Topmetro.news – Polres Langkat dan jajaran mengikuti pelaksanaan kegiatan Upacara Hari Lahirnya Pancasila Secara Virtual di Aula Wirasatya Polres Langkat, Rabu (01/6/2022) sekira pukul 07.00 WIB

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK melalui Kasi Humas AKP Joko Sumpeno menjelaskan bahwa pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan di Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur dipimpin oleh Bapak Presiden Indonesia Ir.H.Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara dan bertindak sebagai Perwira Upacara Brigjend TNI Harvendi SIP MSc dan selaku Komandan Upacara yakni Kolonel Inf. Tunjung Setia Budi SSos.

Untuk peserta upacara jajaran Polres Langkat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Aula Wirasatya Polres Langkat diikuti oleh Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, Wakapolres Kompol Hendri Nupia Dinka Barus SH SIK, Kabag Ops Kompol Aris Fianto SSos, Kabag Ren Kompol Mahyu Danil SH, Kabag Log AKP Nasib SH, Kasat Narkoba AKP Kusnadi, Kasat Sabhara AKP Binsar P.Aritonang SSos, Kasat Lantas AKP Hosea Ginting SH, Kasat Pol Air Iptu Heru, Kasat Tahti Iptu S.Yudanto, Kasubag Watpers AKP Alihot Lubis dan Kasi Propam AKP Abed Nebo SH MH.

Selain itu tampak hadir juga Kasi Humas AKP Joko Sunpeno. Kasi Hukum AKP Rinaldi Simamora SH dan Kasi Keu Iptu Hari Mulyadi.

Sementara tata tertib Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Komandan upacara memasuki lapangan upacara. Dan Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara kemudian melakukan Salam Kebangsaan. Diikuti penghormatan kepada Inspektur Upacara dan Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara.

Selanjutnya Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo

Kemudian pelaksaksanaan Tanda Kebesaran Buka, Pembacaan Teks Pancasila, Tanda Kebesaran Tutup dan Pembacaan UUD 1945.

Amanat Presiden

Dalam amanatnya Presiden Ir.Joko Widodo yang menyampaikan tentang pwlaksanaan Upacara yang diselenggaran hari ini.

“Hari ini tanggal 1 Juni 2022 kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur. Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI. Sebagai Dasar Negara serta mewariskan Pancasila bagi Bangsa dan Negara. Dari Kota Ende saya mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila. Dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam Berbangsa dan Bernegara,” ujar Presiden.

Presiden menambahkan bahwa Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua tapi Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Ini sudah dibuktikan berkali kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa kita tetap berdiri kokoh karena kita semua sepakat untuk berlandaskan kepada Pancasila.

“Saya selalu ingatkan kita harus benar-benar mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita. Saya mengajak seluruh pemimpin Pemerintahan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk menjadi contoh dan teladan. Dalam aktualisasi dalam nilai-nilai luhur Pancasila untuk mewujudkan Indonesia maju,” tandas Presiden.

Usai menyampaikan amanat Presiden, kemudian dilakukan Pembacaan Doa diikuti Andika Bhayangkari, Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, Penghormatan Kebesaran, Salam Kebangsaan dan Inspektur Upacara meninggalkan tempat acara.

Kegiatan Upacara selesai pada pukul 07.30 WIB berjalan dengan aman. Dan baik serta dalam pelaksanaanya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment