Bagus untuk Anak! Ini 4 Manfaat Nonton TV Bareng Keluarga

nonton tv bareng

TOPMETRO.NEWS – Nonton TV bareng mungkin lebih jarang. Lebih sering nonton bioskop. Namun ada sebagian orangtua yang menghindari sama sekali menonton TV karena banyaknya acara yang tak sesuai untuk anak-anak, dan bisa berpengaruh buruk bagi psikologisnya. Sah-sah saja sebenarnya bila orangtua mengambil pilihan itu.

Tapi tak selamanya acara TV itu buruk, loh. Banyak pula acara TV yang edukatif, dan kalau ditonton bersama orangtua malah bermanfaat.

Berikut ini beberapa manfaat menonton TV bareng keluarga yang layak kamu biasakan mulai dari sekarang!

1. Membangun kedekatan antar anggota keluarga

Tak bisa dimungkiri, zaman sekarang di mana semua bergerak dengan cepat, rasa-rasanya waktu cepat sekali berlalu. Kesibukan yang dijalani setiap harinya kerap membuatmu merasa gak sempat untuk bersantai.

Meski begitu, tetap luangkan waktu untuk keluarga, ya. Bagaimanapun keluarga merupakan hal prioritas, tak kalah dengan pekerjaan.

Salah satunya dengan melakukan rutinitas nonton TV bareng bersama anak dan pasangan. Lewat acara bersama ini bisa jadi cara membangun kedekatan antara anggota keluarga, lho. Kalian bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk saling mengobrol dan bercerita satu sama lain.

2. Edukasi anak

Manfaat selanjutnya dari nonton TV bareng keluarga, adalah dapat mengedukasi anak. Tentunya dengan memilih acara yang tepat.

Misalnya, acara kartun tertentu dapat diselipkan pesan moral kepada anak. Sebagai contoh, bagaimana semestinya memperlakukan orang yang lebih tua, atau apa yang terjadi kalau tidak mengerjakan PR, serta kenapa kita harus senantiasa bersikap jujur.

3. Cegah anak dari menonton acara tidak bagus

Dengan menonton bersama-sama, justru kamu bisa mencegah anak mengakses tontonan yang gak bagus bagi tumbuh kembangnya. Kehadiran orangtua bisa jadi ‘polisi’ untuk selalu mengarahkan tontonan yang baik dan bermanfaat. Ini jauh lebih aman dibanding membiarkan anak menonton sendirian.

4. Membantu anak menambah kosakata

Semakin banyak kosakata yang terserap, kemampuan komunikasi anak pun jadi semakin bagus, dan ini bisa dipelajari lewat TV. Ketika menonton acara tertentu pasti ada kata-kata baru yang anak belum mengerti. Di sinilah peran penting orangtua untuk memberi penjelasan ke anak.

Semoga info ini bermanfaat, ya!

BACA PULA | Remaja Lihat Adegan Ciuman di Film, Ortu Harus Bagaimana?

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, ada adegan kiss (ciuman) di film layar lebar atau di televisi, mungkin sudah sering terjadi.

Katakanlah di berbagai film dan drama, terlebih drama Korea, sangat mungkin kita menemukan adegan ciuman dan mesra lainnya. Bagi kita yang sudah dewasa, hal itu mungkin sesuatu yang wajar. Tapi, bagaimana kalau ada anak kita yang remaja ikut nonton? Apa reaksi Anda selaku orangtua?

sumber\foto | bisnis\ suara
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment