Silaturahmi Bupati Taput dengan Masyarakat Tapanuli dan Tionghoa di Banda Aceh

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi melakukan ramah tamah dengan masyarakat Tapanuli dan Tionghoa yang berada di Banda Aceh.

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi melakukan ramah tamah dengan masyarakat Tapanuli dan Tionghoa yang berada di Banda Aceh. Bertempat di Aula Plum Hotel Lading Kota Banda Aceh, Senin (13/6/2021). Turut hadir Ketua DPD PDIP Aceh Muslahuddin Daud.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan menyampaikan bahwa di Tapanuli Utara mayoritas beragama Kristen, tetapi toleransinya sangat tinggi. Bupati juga baru membangun dua mesjid di Kecamatan Simangumban karena ada beberapa desa yang mayoritas warganya beragama Muslim. Bagi Bupati Nikson Nababan, menjaga dan menerapkan nasionalisme itu sangat penting, khususnya di Tapanuli Utara.

“Saya baru memberikan bantuan dana hibah untuk pembangunan 87 rumah ibadah. Tujuh di antaranya adalah masjid. Kita harus tetap mempertahankan toleransi dan mengesampingkan perbedaan, serta berfokus pada Bhinneka Tunggal Ika di Kabupaten Tapanuli Utara. Tapanuli Utara ini merupakan miniatur Pancasila, di mana semua suku, agama dan masyarakat ada di Kabupaten Tapanuli Utara,” tutur Bupati mengawali.

Bupati Nikson juga menambahkan agar warga Banda Aceh yang berasal dari Tapanuli memaksimalkan toleransi antar umat beragama di Kota Banda Aceh. Toleransi antar umat beragama merupakan pondasi dalam kehidupan. Juga merupakan aspek utama dalam kehidupan bersosial di masyarakat.

“Toleransi antar umat beragama, sangat penting. Terlebih di Banda Aceh ini banyak masyarakat dari berbagai daerah, suku dan agama. Dengan memegang teguh toleransi, kita tidak gampang dipecah belah,” ujar Bupati.

Selanjutnya Bupati Nikson Nababan berpesan kepada warga Batak dan Tionghoa Banda Aceh agar bersama-sama menjaga hubungan baik. Kemudian juga saling bekerjasama perkuat silaturahmi dan memelihara persatuan dan kesatuan.

“Terima kasih kepada saudara semua yang telah menyambut kedatangan kami dari Tapanuli Utara. Saya berpesan kepada saudara semua, di mana kaki berpijak di situ langit dijunjung. Mari saling bekerjasama menjaga dan berperan aktif dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Bupati Nikson mengakhiri.

Apresiasi Bupati Taput

Di kesempatan tersebut Ketua DPD PDI Perjuangan Aceh Bapak Mushlahuddin Daud juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bupati Taput. “Terima kasih atas kesempatan yang berharga ini. Dan selamat datang buat Bapak Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan beserta rombongan atas kehadirannya di Banda Aceh. Kiranya kita saling terbuka untuk saling bersinergi dalam menjaga silaturahmi. Mudah-mudahan pertemuan hari ini menjadi titik awal agar hubungan baik dan harmonis kehidupan beragama, berbudaya, dan berbangsa di Banda Aceh ini bisa kita ciptakan,”ungkapnya.

Selanjutnya perwakilan masyarakat Tapanuli di Banda Aceh Pdt Niko dalam sambutannya juga mengatakan selamat datang kepada Drs Nikson Nababan MSi ke Banda Aceh. Mereka mengaku sangat senang atas kedatangan Bupati Taput.

“Meskipun minoritas, kami warga Tapanuli betah tinggal di Banda Aceh karena kenyamanannya. Walau kenyamanan yang kami rasakan belum merata di semua tempat, masih merasakan minoritas namun kami pelan-pelan berusaha menghilangkan persepsi itu. Orang Batak cukup banyak di Banda Aceh baik Muslim dan non-Muslim,” katanya.

Mereka juga membentuk perkumpulan atau arisan yang menjadi wadah bersilaturahmi. “Setiap bulan kami adakan kegiatan rutin yang bersifat sosial. Seperti mengunjungi orang sakit dan menolong sesama. Kami berharap rasa kekeluargaan antarumat beragama di Banda Aceh semakin meningkat. Tidak ada lagi perasaan minoritas. Kami siap menjaga toleransi, tidak hanya dengan sesama etnis. Tetapi dengan penduduk asli Aceh. Kita semua berbeda tetapi harus bersatu,” tuturnya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment