Wujud Sinergitas dengan Pemerintah Atasan, Petani Samosir Terima Bantuan Pupuk dan Bibit dari Pemprovsu

Pemkab Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian berupaya untuk meningkatkan taraf hidup petani dengan berbagai usaha.

topmetro.news – Pemkab Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian berupaya untuk meningkatkan taraf hidup petani dengan berbagai usaha. Seperti misalnya menjalin komunikasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemprov Sumut untuk mendapatkan berbagai alokasi kegiatan.

Usaha ini terwujud dengan Kegiatan Pengembangan Budidaya Kentang dan Gerakan Tanam Kentang di Kabupaten Samosir.

Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut melalui Plh Kabid Hortikultura Juwaini SP MMA memberikan bantuan pupuk organik dan bibit Kentang (G2) Varietas Granola kepada empat Poktan di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Kamis (16/6/2022).

Keempat Poktan tersebut yakni, Poktan Maduma (Desa Partungko Naginjang), Poktan Marsiurupan, Poktan Satahi Saoloan (Desa Hariara Pintu), serta Poktan Anggrek (Desa Hutagalung). Masing-maisng mendapat bantuan 700 kg bibit dan 3 ton pupuk organik.

Menurutnya, Bupati Samosir sangat memperhatikan kebutuhan para petani di Samosir dan berusaha mencari solusi dan bantuan. Untuk itu, Juwaini mengimbau petani untuk serius mempergunakan bantuan tersebut, agar pertanamannya berhasil.

Tambahnya lagi, agar petugas pertanian/penyuluh bersinergi dalam membantu petani, memberikan arahan. Yang pada akhirnya menularkan keberhasilan tanam serta hasil panen yang berdampak pada peningkatan perekonomian petani.

Kadis Ketapang dan Pertanian melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Sondang HM Sukmana menyampaikan terimakasih atas perhatian Pemprovsu yang mengalokasikan bantuan dalam pengembangan komoditi tanaman pangan dan hortikultura di Samosir.

Ia menitip pesan kepada seluruh poktan penerima untuk melaksanakan budidaya kentang dengan sebaik-baiknya dengan pendampingan petugas pertanian. Sehingga dapat meningkatkan produksi.

Di mana sesuai Laporan Statistik Pertanian 2021, bahwa komoditi unggulan di Kecamatan Harian adalah tanaman kentang dengan luas panen 706 ha, produksi 16.147 ton. Kemudian, kubis 228 ha produksi 5.481 ton. Serta ubi jalar 344 ha produksi 7.099 ton.

Acara lanjut dengan kegiatan penanaman perdana dalam Gerakan Tanam Kentang di lahan Poktan Satahi Saoloan.

Apresiasi Petani

Para petani sangat senang dan berharap taraf hidupnya meningkat serta siap mendukung program pemerintah khususnya di bidang pertanian.”Semoga sinergitas dengan Pemerintah atasan ini terus berjalan dengan baik dan meningkat demi kemajuan Samosir,” katanya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment