Meminimalisir Lakalantas, Polres Langkat Giat Binluh Kamseltibcar

Polres Langkat

topmetro.news – Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK diwakili Kasat Lantas Polres Langkat AKP Hosea Ginting SH melaksanakan kegiatan Bimbingan Penyuluhan (Binluh) Keamanan, Jeselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (Kamseltibcar) berlalulintas kepada para supir bus dan mandor/pengurus loket bus yang berjumlah sekitar 25 orang
di Terminal Bus Tanjung Beringin Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Senin (04/7/2022) sekira pukul : 10. 30 WIB sampai selesai.

Kegiatan Binluh Kamseltibcar berlalalulintas tersebut dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Langkat AKP Hosea Gunting S H didampingi Kapos Lantas Hinai Aiptu Sakir, Kapos Lantas Sei Karang Aiptu B.Siallagan, PS.Kanit Kamsel Sat Lantas Aipda Deni C.Sembiring SH, Brigadir Turjawali Aipda Felix, Brigadir Pos Lantas Hinai Aipda I.Tambunan dan perwakilan Dishub Langkat Reza.

Sementara itu, Kapos Lantas Hinai Aiptu Sakir mengawali kegiatan dengan memberikan kata sambutan yang dilanjutkan dengan kata sambutan pembukaan dari Kasat Lantas.

Dalam kesempatan itu, Kasat Lantas AKP Hosea Ginting SH melalui Kasi Humas Polres Langkat AKP Joko Sumpeno memberikan arahan dan binluh kepada para sopir bus, mandor/pengurus loket agar para supir dalam mengemudikan kendaraan bus harus berhati-hati.

“Ingat bahwa saat mengemudi kendaraan tersebut ada banyak nyawa penumpang yang vmenjadi tanggungjawab besar para sopir. Patuhi aturan lalulintas selama para sopir mengemudikan kendaraan. Perhatikan kondisi kendaraan atau uji berkala dari kendaraan tersebut sehingga tidak terjadi kecelakaan yg disebabkan laik jalan kendaraan atau kerusakan kendaraan,” ujarnya.

AKP Hosea juga mengingatkan agar jangan mengemudi saat kondisi tubuh dalam keadaan tidak fit atau sakit.

“Hindari ugal-ugalan di jalan karena alasan mengejar waktu. Perhatikan dan cek kelengkapan surat kendaraan dan SIM para sopir. Apabila Sim sudah habis masa berlakunya silahkan diperpanjang ke Satpas Polres Langkat dan tidak akan dipersulit,” katanya.

Selain itu, AKP Hosea juga mengingatkan kepada para supir, apabila di jalan Sopir melihat ada pengawalan dari Polantas atau Ambulance dan lain-lain, agar para sopir dapat bekerjasama yanhg baik, dengan memberikan prioritas dan peka terhadap situasi.

“Jangan sampai lakalantas menonjol seperti di wilayah lain terjadi atau para sopir alami. Sat lantas akan melakukan patroli dan penindakan kepada para sopir yg didapati melakukan pelanggaran.

Sementara Peranginangin alias Bolang selaku perwakilan sopir menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sat Lantas Polres Langkat atas kunjungan, bimbingan dan penyuluhan kepada para sopir.

“Mari kita para sopir ikuti dan patuhi aturan berlalu lintas di jalan. Kepada Sat Lantas silahkan tindak para sopir-sopir yang melanggar aturan di jalan. Terimakasih untuk giat patrolinya karena itu juga membuat kami nyaman dan mencegah tindak pidana di jalan,” ucapnya.

Selama kegiatan berlangsung dilaporkan situasi dalam keadaan aman dan para sopir juga mengikuti dengan antusias.

Reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment