Bupati Batubara Ucapkan Selamat Datang kepada Universitas Terbuka ‘UT’

Universitas Terbuka atau lebih familier dengan sebutan UT sudah resmi oleh dibuka Bupati Batubara Ir H Zahir MAP, Selasa (5/7/2022) kemarin.

topmetro.news – Dinas Pendidikan Batubara membawa kabar gembira untuk segenap masyarakat yang mencintai dunia keilmuan. Pasalnya Universitas Terbuka atau lebih familier dengan sebutan UT sudah resmi oleh dibuka Bupati Batubara Ir H Zahir MAP, Selasa (5/7/2022) kemarin.

Bupati Zahir melalui Kadis Pendidikan Batubara Ilyas mengucapkan terimakasih atas kehadiran langsung Direktur Universitas Tebuka Medan Yusrafiddin dan tim ke Batubara. Pemkab berharap UT akan dapat membantu memberikan solusi bagi masyarakat Batubara yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, namun terkendala dengan banyak hal. Terutama waktu dan pembiayaan.

Kemudian kata Ilyas, bahwa UT memang menjangkau yang tak terjangkau. Sebagaimana slogan UT yang juga merupakan universitas negeri ke 45. Serta sudah berdiri sejak tahun 1984 lalu dengan tujuan untuk memberikan kesempatan yang luas bagi Warga Negara Indonesia di mana pun berada, agar bisa memperoleh pendidikan tinggi.

Masih menurut Kadisdik Ilyas, di samping itu, UT merupakan solusi dalam layanan pendidikan tinggi bagi orang-orang yang bekerja. Atau yang karena alasan lain tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka. Dan UT juga mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan.

Komitmen UT

Sementara Direktur UT Medan Yusyafiddin mengatakan, mereka berkomitmen terus memberikan bantuan kepada calon mahasiswa dan mahasiswa, untuk dapat mengikuti program peningkatan kualifikasi dengan sebaik-baiknya.

Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat dalam hal ini UT Medan, terus dan akan mendorong untuk cara belajar mandiri dalam banyak hal. Sehingga mahasiswa memiliki kemampuan belajar secara efektif. Mahasiswa UT diharapkan siap untuk belajar mandiri secara efektif, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar kuat.

Mahasiswa juga harus dapat mengatur waktu dengan efisien. Sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar sendiri. “Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri,” terang Direktur UT.

Yus juga mengatakan bahwa Universitas Terbuka (UT) memiliki empat fakultas. Yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kemudian ada Program Pascasarjana (Magister dan Doktoral).

Semua program studi di UT sudah terakreditasi A dan B oleh BAN PT. Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri pertama yang menerapkan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) berbasis teknologi informasi, dan komunikasi di Indonesia.

Hadir dalam sosialisasi itu, Manager Registrasi dan Pengujian UT Medan Marhamah, Kabid PNFI Dinas Pendidikan Batubara Syafrizal. Pejabat setingkat Kepala Seksi (Kasi) Bidang Persekolahan lingungan Dinas Pendidikan Batubara, K3S, perwakilan Kepala UPT PAUD/TK, kepala UPT SD se-Kabupaten Batubara.

reporter | Bimais/Rel

Related posts

Leave a Comment