Sukses di Perantauan, Dua Putra Batubara Bertekad Ingin Memajukan Kampung Halaman

Kesuksesan seseorang tidak cuma dilihat dari seberapa banyak harta yang dimiliki, tetapi juga dinilai dari seberapa besar kesuksesan itu dapat memberi manfaat besar bagi banyak orang.

topmetro.news – Kesuksesan seseorang tidak cuma dilihat dari seberapa banyak harta yang dimiliki, tetapi juga dinilai dari seberapa besar kesuksesan itu dapat memberi manfaat besar bagi banyak orang.

Demikian kata-kata bijak dari salah seorang putra asli kelahiran Batubara, H OK Faizal Rayhan Abdul Dlalil SE (foto baju putih), yang kini menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) Batubara, Selasa (12/7/2022), ketika menghadiri acar silaturahmi lintas tokoh di REI (Rumah Edukasi) Kelurahan Limapuluh kabupaten Batubara.

Faizal Rayhan sendiri merupakan sosok putra daerah yang lahir dan besar di Batubara. Atau istilahnya Anak Desa Air Hitam atau Orang Simpang Dolok Kecamatan Datuk Limapuluh. Yang sejak lama telah pun benar-benar meraih sukses menjadi salah seorang pengusaha besar tingkat Provinsi Sumatera Utara. Sepak terjangnya di bidang kewirausahaan sudah tak perlu diragukan lagi. Walau kini tidak sedikit orang yang selalu mengaitkannya dengan Bupati Batubara sebab secara kebetulan ia pun merupakan adik kandung dari Ir Zahir MAP.

Usaha Sendiri

Padahal kesuksesan yang telah diraihnya kini, ditegaskan Faizal, bukanlah berkat azas manfaat sebab dia adik kandung Sang Bupati. Faizal yang juga merupakan Ketua Dewan Penasehat DPD KNPI Batubara itu pun menjelaskan, bisa seperti sekarang, semua berkat kerja kerasnya sendiri. Sebagaimana informasi yang berhasil dihimpun oleh media ini, bahwa Faizal kecil (masa kanak-kanak) ternyata bukanlah anak seorang sultan.

Faizal kecil hanyalah anak kampung biasa yang berhasil menamatkan pendidikan tingkat SD di kampung kelahirannya sendiri. Baru kemudian melanjutkan pendidikan tingkat SMP, SMA, dan berhasil menyelesaikan kuliahnya di Kota Medan. Pahit getir dalam membangun usaha sudah pun jelas ia lewati. Sedang jatuh bangun sebagai pelaku usaha juga telah ia lalui. Dan setelah sukses, Faizal sendiri bertekad untuk mengabdikan dirinya agar benar-benar bisa bermanfaat bagi banyak orang. Walau hari ini cukup banyak yang nenyebut-nyebutnya dengan gelar ‘pangeran’.

“Sejak kecil saya selalu berkeinginan untuk bisa memajukan kampung halaman saya yaitu Kabupaten Batubara. Kalu setelah itu bisa membantu mensejahterakan masyarakat. Saya berprinsip bahwa hidup adalah tentang seberapa besar manfaat kita terhadap orang lain. Sebab hidup itu bukan sekedar tentang seberapa banyak pencapaian yang telah bisa kita raih,” pungkas Faizal.

HT Manurung

Sementara tidak begitu jauh berbeda dengan H OK Faizal Abdul Djalil SE, salah satu putra daerah asal Batubara yang juga pantas untuk jadi kebanggaan sebab juga sukses menjadi pengusaha besar adalah, HT Manurung (foto baju hitam). Pria kelahiran Kelurahan Indrapura Kecamatan Air Putih ini sekarang telah pula balik ke kampungnya. Dan kini menjabat sebagai Sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Batubara.

Beberapa kali HT Manurung pun sudah menyatakan tekadnya ingin membangun dan memajukan Kabupaten Batubara. Sedang kesuksesan yang ia dapatkan hari ini, juga berkat kerja kerasnya sendiri. Apalagi publik di seputaran Kelurahan Indrapura Kecamatan Air Putih pun banyak yang tahu, kalau latar belakang kehidupan orangtua HT Manurung bukan seorang pengusaha sukses dan ternama. Namun setelah berhasil menamatkan pendidikan di tingkat strata 1, HT sudah pun mulai merintis bisnis dan usahanya sejak dari bawah.

Sampai kini baru ada dua dari sekian putra putri Batubara lain yang telah sukses di perantauan sebagai seorang pengusaha yang terpantau media ini. Dan mereka secara intens sering balik ke kampung halaman mereka sembari membawa segudang pengalaman. Dan pastinya modal materi yang lumayan tebal. Maka wajar bila kemudian banyak masyarakat Batubara berharap sekiranya kepulangan keduanya benar-benar dapat memberikan dampak positif guna kemajuan daerah. Hingga seterusnya akan bisa pula menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya di Batubara.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment