Wabup Asahan Buka Pemetaan dan Analisa Situasi Program Stunting

Wabup Asahan Buka Pemetaan dan Analisa Situasi Program Stunting

topmetro.news Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin S.Sos M.Si buka acara pemetaan dan analisa situasi program stunting. Bertempat di Hotel Antariksa Kisaran, pada Kamis (14/7/2022).

Turut hadir tim ahli MIDS Regional I  Dirjen Bina Bangda Kemendagri Rizal Effendi, Ketua PKK Asahan Hj Titiek Sugiharti Surya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Derlina John Hardi, Kadis Kesehatan, OPD dan undangan lainnya.

Kabid Kesehatan Masyarakat Fahrizal Pohan SKM MKes menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi setiap OPD, civitas akademika dan steakholder dalam memahami aksi intervensi penanggulangan stunting. Sehingga terbentuk komitmen dalam melakukan perencanaan, komunikasi, dan konsolidasi yang baik.

Wakil Bupati Asahan menyampaikan bahwa pilar 3 konvergensi program di daerah dilaksanakan melalui 8 aksi konvergesi cegah stunting. Salah satunya adalah pemetaan dan analisa situasi program stunting.

Untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas dalam percepatan penurunan stunting melalui aksi konvergensi, maka perlu  penguatan kapasitas daerah melalui pemetaan dan analisa situasi program stunting.

Wakil Bupati yang juga ketua tim percepatan penurunan stunting menjelaskan saat ini angka stunting di Asahan mencapai 18,9%. Terjadi penurunan 14% dari tahun sebelumnya sebesar 28,6%. Harapannya tahun 2024 berada pada posisi 14%.

Wakil Bupati menyampaikan dengan tegas kepada OPD yang mengikuti acara ini untuk bersungguh-sungguh. Agar target menurunkan stunting di Asahan tahun 2024 pada posisi 14 % dapat terwujud.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment