Baskami Ginting Ajak BKOW Berperan Turunkan Angka Stunting di Sumut

Ketua DPRDSU Baskami Ginting mengajak Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumut berperan melakukan kegiatan menurunkan angka stunting di Sumatera Utara.

topmetro.news – Ketua DPRDSU Baskami Ginting mengajak Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumut berperan melakukan kegiatan menurunkan angka stunting di Sumatera Utara.

“Saya yakin, BKOW memiliki kekuatan besar. Karena berisi ibu-ibu hebat yang mampu memberikan pencerahan dan juga kekuatan untuk ibu lainnya, dalam memberantas stunting di daerah ini,” ujar Baskami di ruang kerjanya DPRD Sumut, Jumat (29/7/2022).

Ia menyebut, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi. Sedangkan di Sumut, angka penderita stunting masih relatif tinggi, sesuai pemaparan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN). Sehingga perlu peran dari semua pihak dalam menekan angka stunting ini.

Baskami mengatakan, angka stunting bisa terantisipasi sedini mungkin. Kepala BKKBN menyebutkan, pencegahan stunting bisa dengan cara ibu hamil mengonsumsi makanan bergizi. Kemudian secara rutin dan mengontrol kondisi kehamilannya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, BKOW dapat bersinergi dengan pemerintah untuk mengajak para kaum ibu agar tidak enggan menyambangi posyandu. Bahkan menjelang remaja dan dewasa, para ibu juga hendaknya menularkan minat baca besar bagi sang anak. Sehingga nantinya, selain memiliki fisik yang sehat, sang anak memiliki kecerdasan yang mumpuni.

“Saya yakin, bila kaum ibu menjalankan peran sentral dalam keluarga untuk menjadi benteng keluarga, maka anak-anak kita tidak akan terjerumus dalam bahaya narkoba,” jelasnya.

Senada dengan Baskami, Ketua Umum BKOW Sumut Fahrizar Iskandar Hasibuan menyampaikan, BKOW membawahi sekitar 60 lebih organisasi wanita se-Sumut. Sejak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik, BKOW telah melakukan berbagai kegiatan termasuk dalam menekan angka stunting di Sumut.

“Kami bekerjasama dengan Ikatan Istri Dokter Indonesia, untuk melakukan sosialisasi, dan salah satunya di Medan Utara,” jelasnya.

Ke depan, ujar Fahrizar, pihaknya terus melakukan kegiatan serupa, agar angka stunting di Sumut menurun. “Kami menyampaikan terimakasih kepada Bapak Ketua yang tak pernah lelah menerima BKOW Sumut di ruang kerja Beliau,” ucapnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment