Bupati Tapanuli Utara Kunker ke Desa Horison Ranggitgit Kecamatan Parmonangan

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Dusun Sampinur Desa Ranggitgit Kecamatan Parmonangan, Minggu (31/7/2022).

topmetro.news – Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Dusun Sampinur Desa Ranggitgit Kecamatan Parmonangan, Minggu (31/7/2022).

Turut serta, Sekda Indra SH Simaremare MSi, anggota Dewan Ombun Simanjuntak, beberapa pimpinan OPD, camat, dan para kepala sesa se-Kecamatan Parmonangan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan merasa bersyukur, bisa mewujudkan secara bertahap kebutuhan penduduk, khususnya akses jalan yang sudah hotmix.

“Bukan tanpa perjuangan yang besar mewujudkannya. Saya harap bantuan doa dan dukungan para masyarakat Taput khususnya Desa Ranggitgit Dusun Sampinur. Agar saya dan para pimpinan OPD bisa mewujudkan Visi Misi Pemkab Taput,” ujarnya.

“Prioritas saya memang memajukan desa dan dusun. Meskipun keterbatasan anggaran tapi saya tidak boleh pesimis. Masih banyak desa-desa terpencil yang harus saya benahi infrastrukturnya. Permohonan para bapak ibu sekalian akan kami tindaklanjuti dan kawal sampai tuntas,” lanjut Bupati.

Ia pun berharap, ‘Desa Wisata Andaliman’ bisa terwujud di Desa Ranggitgit. Dan pastinya harus bekerjasama dengan Dinas Pertanian Taput. “Penghasil Andaliman terbaik ada di Desa Ranggitgit. Andaliman andalkan iman!” sebutnya.

Bupati juga mengungkapkan rencana pelatihan pembuatan pupuk organik oleh Tim Terpadu Percepatan Pembangunan di tempat itu. Selagus meninjau langsung ladang Andaliman yang ada di desa tersebut.

“Saya harap warga Desa Ranggitgit khususnya petani untuk hadir mengikuti pelatihan tersebut. Agar ke depannya masyarakat Horison Ranggitgit secara umum tidak lagi kesulitan dalam kebutuhan pupuknya,” tutup Bupati.

Bupati Pertama

Di kesempatan yang sama, Plt Kepala Desa Horison Ranggitgi Gok Maruhum Simamora menyampaikan rasa syukur bisa berkumpul bersama Bupati. “Kami berterima kasih atas pembangunan yang sudah Bapak wujudkan. Sudah membuka jalan dari Sampinur menuju Hutajulu. Kami sangat bersukacita atas perjuangan Bapak memenuhi kebutuhan kami. Ke depannya kami masih berharap pembangunan jalan selanjutnya agar akses kami ke Tarutung lebih lancar lagi,” ujarnya.

Kemudian tokoh masyarakat, Japer Manalu, melanjutkan, bahwa mereka bangga atas kunjungan Bupati dan para rombongan ke dusun terpencil itu. “Saya yang 70 tahun ini belum pernah Bupati datang bahkan menginap di dusun kami ini. Setelah Bupati Nikson Nababan akhirnya jalan di dusun kami ini sudah hotmix,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan adanya Program Bedah Rumah di Dusun 3 Sampinur. “Semoga Bapak Bupati berkenan memenuhi permohonan kami. Kami akan bergandengan tangan mendukung Bapak dalam mewujudkan semua program Bapak demi kemajuan pembangunan Tapanuli Utara,” sebutnya.

Di kempatan tersebut, melalui tokoh masyarakat, warga menyampaikan proposal kepada Bupati. Ada pun permohonan mereka antara lain, bantuan
traktor (alat berat), Poskedes Dusun 3 Dolok Nauli. Juga permohonan PAUD, tembok penahan tanah, pembukaan jalan usaha tani. Selain itu memohon pengerasan jalan di Dusun 3 Sampinur menuju Desa Hutajulu. Serta, ‘hand tractor’ oleh Kelompok Tani Dosroha, MCK, air minum, dan perbaikan jembatan.

Dalam kegiatan tersebut Bupati memberikan bantuan kepada warga Dusun Sampinur. Antara lain pemberian bantuan buku tulis dari Dinas Pendidikan. Kemudian, bantuan susu kepada lansia dari Dinas Kesehatan. Bantuan pupuk organik cair dari Tim Terpadu Percepatan Pembangunan. Juga, bantuan benih jagung secara simbolis kepada kelompok tani dari Dinas Pertanian. Serta alat-alat olahraga untuk Karang Taruna dari Dinas Pemuda dan Olahraga.

Pada kesempatan itu, berlangsung juga pengobatan gratis melalui UPT Puskesmas Aek Raja. Berupa pemeriksaan gula, kolesterol, dan asam urat. Di mana total pasien sekira 200 orang dari Desa Horison Ranggitgit.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment