Pengurus Andeswa Tarutung Dilantik, Toluto Apresiasi Kemajuan Pembangunan Taput Saat

Torang Lumbantobing (Toluto) Bupati Tapanuli Utara dua periode (2004-2014), mengapresiasi keberhasilan pembangunan oleh Bupati Drs Nikson Nababan MSi

topmetro.news – Torang Lumbantobing (Toluto) Bupati Tapanuli Utara dua periode (2004-2014), mengapresiasi keberhasilan pembangunan oleh Bupati Drs Nikson Nababan MSi. Ia pun mengajak masyarakat mendukung program pembangunan itu.

Hal itu ia sampaikan dalam bagian sambutannya pada acara Pelantikan Pengurus Andeswa (Anak Desa Siwaluoppu) Tarutung, Minggu (7/8).

Kata Toluto, ia sudah berkeliling Tapanuli Utara dan menemukan sarana transportasi antardesa sudah lancar. Pembangunannya dengan jalan aspal dan hotmix. Secara jujur Toluto mengatakan, bahwa dalam kepemimpinannya, hal itu belum tentu bisa ia lakukan.

Toluto juga mengapresiasi RSUD Tarutung yang memberi pelayanan prima kepada pasien, sebagaimana pengalamannya baru-baru ini.

“Minggu yang lalu saya opname di Rumah Sakit Tarutung. Perkiraan saya akan dirawat sekitar 10 hari. Tetapi 5 hari sudah sembuh. Artinya pelayanan dokter dan paramedis sudah bagus di rumah sakit itu,” sebut Toluto dan langsung mendapat aplaus Drs Nikson Nababan MSi yang hadir pada acara itu.

Toluto sebagai anak Desa Siualuoppu mengimbau masyarakat untuk menjauhi paham ‘hotel’ (hosom, teal, elat dan late) atau perilaku pendendam, tinggi hati, iri, dan dengki). “Jangan lagi kita saling menjelekkan,” harapnya.

Universitas Negeri

Bupati Taput Nikson Nababan dalam sambutannya mengimbau seluruh pengurus Andeswa yang baru, agar mampu menunjukkan diri sebagai organisasi yang kuat, mandiri dan berkolaborasi demi kemajuan Tapanuli Utara.

Nikson Nababan juga meminta doa dan dukungan seluruh masyarakat Desa Siwaluompu, agar cita-cita berdirinya universitas negeri di Tapanuli Utara terwujud.

“Demi anak anak dan cucu kita untuk mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung generasi penerus khususnya masyarakat Desa Siwaluompu ini,” sebut Bupati.

Di akhir sambutan Bupati Taput menyumbangkan sarana olahraga berupa bola kaki kepada Andeswa FC. Juga memberikan sumbangan untuk kegiatan organisasi Andeswa sebesar Rp30 juta.

Pelantikan pengurus baru Anak Desa Siwaluomou (Andeswa) Periode 2022 – 2027 berlangsung di Desa Siraja Oloan Jalan Gereja Siwaluompu Tarutung.

Di antara yang dilantik antara lain Ketua Umum Zerry Hutagalung, Sekretaris Umum Jusuf Siregar, dan Bendahara Umum Robby Nainggolan ST.

Jauhi Narkoba

Ketua Umum terpilih Jery Hutagalung (Op Maria) mengajak seluruh Badan Pengurus Harian (BPH) Andeswa bersatu dan selalu kompak untuk mendukung program ke depannya.

“Kita harus satu pikiran untuk membangun memajukan daerah kita khususnya Kenegerian Siwaluompu ini,” ujarnya.

Ia juga menyerukan agar masyarakat Siwaluompu menjauhi narkotika dan obat-obatan terlarang.

“Andeswa itu berdiri atas dasar persahabatan dan mufakat bersama. Kami berharap, seluruh pengurus baru Andeswa kali ini mampu terus menjaga nama baik, khususnya di masyarakat luas,” sebutnya .

Ketua Panitia

Sebelum acara pelantikan, Ketua Panitia Frido Sinaga Amd yang juga anggota DPRD Taput menyampaikan terima kasih kepada semua undangan dan elemen masyarakat Siwaluompu yang ikut mendukung dan berperan serta dalam kegiatan ini. Juga terima kasih kepada Bupati Taput yang memberi dukungan dan telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan dan pengobatan gratis yang terlaksana pada hari sebelumnya.

Sepintas sejarah

Andeswa berdiri pada tahun 1990. Penggagasnya adalah Kakanda Green Siregar (nama panggilan) dn beberapa tokoh masyarakat di Negeri Siwaluompu.

Siwaluompu sendiri berdiri dari empat desa dan satu kelurahan.

Ribuan warga Siwaluompu hadir dari pelosok desa untuk menghadiri pelantikan. Mereka berbaur bersama Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi dan rombongan OPD, Dandim Taput Letkol Inf Hari Chanra, dan Torang Lumbantobing (Toluto) yang selain bupati dua periode juga pembina klub sepakbola Tarutung Putra FC yang tahun 80-an cukup punya nama di Sumatera Utara.

Usai pelantikan, lanjut dengan menyanyikan Lagu Mars Andeswa, ciptaan putra kelahiran Siwaluompu, yaitu Maruli Nainggolan.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment