GM BPGKT: Manager Geosite Akan Diusulkan Bupati

Geopark Kaldera Toba

topmetro.news – Guna memperbaiki kelemahan yang selama ini dihadapi, General Manager (GM) Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT) Wan Hidayati mengaku akan kembali merekrut para manager geosite dengan melibatkan Kepala Pemerintah Daerah (Pemda) terkait.

Hal ini dikatakan Wan Hidayati saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi B DPRD Sumut, Selasa (12/2/2019).

“Manager ini nanti yang mengusulkan Bupati dan kita yang meng-SK-an. Kita berharap para manager yang direkomendasi oleh pak Bupati adalah figur-figur tepat yang bisa bekerjasama untuk memajukan dunia pariwisata kita terutama dalam hal mensukseskan GKT terdaftar dalam Unesco Global Geopark (UGG),” ujar Hidayati.

GKT Terdaftar di UGG

Dikatakan Hidayati, kesuksesan GKT terdaftar dalam UGG tak lepas dari dukungan berbagai pihak termasuk dewan, masyarakat dan juga tim yang solid dalam BPGKT. Bagi Hidayati, tanggungjawab dirinya sebagai GM BPGKT melanjutkan GM sebelumnya merupakan amanah yanh diembannya.

Hidayati pun mengaku tidak ambil pusing jika jabatannya sebagai GM nantinya dilepas jika pimpinan menghendakinya.

“Kalau saya yang penting amanah ini saya pegang dan bekerja sunguh-sungguh. Insyaallah dan mari sama-sama kita berdoa agar GKT terdaftar dalam UGG. Rencananya pengumuman dilakukan pada April 2019 nanti. Ya kalau setelah nanti masuk dalam UGG semua ya kembali kepada pimpinan apakah saya masih diberi amanah atau tidak. Yang terpenting saat ini saya fokus untuk melaksanakan tanggungjawab saya,” terang Hidayati lagi.

Saat disinggung, jabatan dirinya yang sebagai Kadis Pariwisata Sumut, dia mengaku tidak mengganggu.

“Kembali saya katakan semuanya tergantung pimpinannya. Tapi yang jelas di beberapa daerah seperti Kawasan Geopark Rinjani GMnya Kepala Bappeda dan kawasan Geopark Ciretuh GM Kadis Pariwisata. Karena memang manager ini harus memiliki power termasuk juga soal penganggaran,” pungkasnya.

Terkait wacana agar para manager geosite diusulkan Bupati diapresiasi para wakil rakyat dari Komisi B DPRD Sumut. Mereka berharap dengan rekomendasi langsung Bupati para manager geosite lebih bersinerji dan dapat bekerja maksimal.

“Tentu kita setuju dengan ide itu.Kalau manager geositenya yang mengusulkan Bupati tentunya mereka akan lebih merasa memiliki dan bertanggungjawab terhadap kerjanya,” ujar anggota DPRD Sumut Richard.

Penulis: Erris JN

Related posts

Leave a Comment