Siap Antisipasi Bencana Alam Karhutla, Polres Taput Apel Gelar Pasukan

Untuk mengantisifasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tapanuli Utara, Polres Taput bersama lintas sektor melaksanakan apel gelar pasukan di Terminal Madya Tarutung, Jumat (12/8/2022).

topmetro.news – Untuk mengantisifasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tapanuli Utara, Polres Taput bersama lintas sektor melaksanakan apel gelar pasukan di Terminal Madya Tarutung, Jumat (12/8/2022).

Peserta apel terdiri dari 1 SST barisan Perwira Polri, 1 SST personel TNI, 3 SST personel Polres Taput, 1 SST personel Damkar Taput, 1 SST Satpol PP Taput, 1 SST personel Polhut, dan 1 SST BPBD Taput.

Bertindak sebagai pimpinan apel gelar pasukan, Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat SH.

Selain Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi SIK MH, hadir juga Kasi Pidum Kajari Taput Hery Sanjaya SH MH. Kemudian, mewakili Ketua PN Tarutung Agung Cory Fondrara Dodo Laia SH MH, Kepala BPBD Taput Bonggas Pasaribu. Ada juga mewakili Dandim 0210/TU Kapten Inf Gayor Sihombing, KPH XII Dinas Kehutanan Hombar Sinurat, dan sejumlah PJU Polres dan OPD Pemkab Taput.

Kelestarian Hutan

Pimpinan apel membacakan amanat Gubernur Sumatera Utara yang menyampaikan, bahwa kegiatan apel kesiapsiagaan itu berlangsung secara serentak di Sumatera Utara. Tujuannya untuk mengingatkan akan pentingnya kelestarian hutan. Di mana Negara Indonesia adalah sebagai paru-paru dunia.

Selain itu, kebakaran hutan dan lahan dapat mengganggu perekonomian, kesehatan, dan ekosistem.

Maka untuk mengendalikan terjadinya karhutla tersebut, Gubernur meminta kepada peserta apel supaya meningkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan.

“Prioritas upaya pencegahan karhutla dengan mensosialisasikan kepada masyarakat. Membangun posko terpadu dan menejemen di lapangan. Memanfaatkan teknologi untuk pemetaan karhutla. Pemberdayaan masyarakat dalam pemadaman api. Melaksanakan patroli secara rutin. Dan lakukan langkah hukum yang tegas bagi masyarakat yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan,” sebut Gubernur.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment