Bupati Samosir Bersama Anggota DPRD Provsu Tangkas M Lumbantobing Serahkan Sampan ke Nelayan

Pemkab Samosir terus menjalin sinergitas dengan pemerintah provinsi maupun Pemerintah Pusat. Hal ini guna mencari tambahan anggaran untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya.

topmetro.news – Guna membangkitkan kembali nilai perekonomian masyarakat, Pemkab Samosir terus menjalin sinergitas dengan pemerintah provinsi maupun Pemerintah Pusat. Hal ini guna mencari tambahan anggaran untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Sinergitas tersebut terbukti dengan bantuan Pemprov Sumut melalui Dinas Kelautan dan Perikanan yang telah menaburkan bibit Ikan Mas dan Nila. Serta penyaluran bantuan 19 unit sampan.

Penyerahan sampan secara simbolis oleh Bupati Samosir Vandiko T Gultom bersama anggota Komisi B DPRD Sumut Tangkas Manimpan Lumbantobing. Juga ada anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir serta Kepala Bidang Dinas Kelautan Perikanan Provsu Yuliani Siregar.

Berlangsung di Desa Sitinjak Kecamatan Onanrunggu, Sabtu (13/8/2022).

Yuliani Siregar menjelaskan, bahwa restocking ikan merupakan upaya untuk pemulihan sumber daya yang ada di Danau Toba. Penaburan 50 ribu bibit ikan berlangsung di dua lokasi. Yaitu Desa Turpuk Limbong dan Onanrunggu. Selain itu ada pemberian 19 unit solu (3 unit sampan bermotor, 16 unit sampan dayung) kepada 12 kelompok nelayan di Kabupaten Samosir.

Harapannya, dengan restocking bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Danau Toba. Penyuluh perikanan yang ada di Kabupaten Samosir untuk membuat kartu KUSUKA bagi nelayan. Dengan kartu ini, para nelayan di Kabupaten Samosir dapat memperoleh sertifikat dan menjadi dasar nelayan mendapat berbagai bantuan.

Dalam memelihara ekosistim di Danau Toba, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut juga telah merancang lomba menangkap Ikan Lohan. Menurutnya, Ikan Lohan merupakan predator yang dapat merusak ekosistim.

Sinergitas

Vandiko Gultom menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Kelautan Perikanan Provsu bersama anggota DPRD Komisi B yang telah memberikan bantuan dan perhatian untuk masyarakat kabupaten Samosir.

“Hal ini merupakan kreatifitas kepala daerah dengan anggaran terbatas. Kita selalu berupaya untuk mencari tambahan dana, baik dari provinsi maupun dari pusat untuk kesejahteraan masyarakat,” tegas Bupati.

Sinergitas dengan Pemprovsu ini, tak luput dari perhatian anggota DPRD Sumut Tangkas Maninpan Lumbantobing yang telah memberikan dan mendengarkan aspirasi masyarakat Samosir.

“Luar biasa Pak Tangkas dalam membawa anggaran ke Samosir. Selain bantuan ini, juga berperan membawa anggaran dalam perbaikan jalan provinsi di Kabupaten Samosir. Oleh karena itu kami berharap agar sinergitas ini dapat berlanjut untuk kesejahteraan Rakyat Samosir,” tambah Vandiko.

Di akhir sambutanya, Bupati juga menegaskan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar lahan. “Tolong jangan buka lahan pertanian dengan cara membakar lahan. Hal ini membahayakan untuk kelestarian alam. Samosir terkenal dengan keindahan alamnya. Jika semua menjadi hitam, tidak mungkin ada lagi wisatawan yang akan berkunjung di Kabupaten Samosir. Mari bersama kita jaga keindahan alam Samosir,” harap Bupati.

Sementara anggota DPRD Sumut Tangkas Manimpan Lumban Tobing mengutarakan, perhatian kepada masyarakat Kabupaten Samosir tidak terlepas dari komunikasi yang baik dengan Bupati Samosir. “Harapan saya, Pak Bupati tetap menjalin silaturahmi dan komunikasi. Saya yakin Bupati Samosir mampu membangun dan menyejahterakan masyarakat Samosir,” tegasnya.

Selanjutnya, Tangkas berharap bantuan dapat dimanfaatkan dengan baik dan disyukuri oleh masyarakat samosir. Kepada para perantau, Tangkas juga menyampaikan untuk bersama mendukung pembangunan Kabupaten Samosir. “Jauhkan egoisme guna mendukung pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Tangkas.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment