Bawa 96 TKI Ilegal dari Malaysia, 3 Nelayan Diamankan

bawa TKI ilegal dari malaysia

TOPMETRO.NEWS – TNI AL terpaksa mengamankan 3 orang nelayan. Pasalnya nelayan ini tertangkap membawa 96 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal dari Malaysia. Ke 96 orang itu terdiri dari 73 orang Laki-laki, 20 orang Perempuan dan 3 orang balita dengan menggunakan Kapal Motor (KM) Rezeki,

Ketiga nelayan itu Mulkan Sirait warga Jalan Pasar Baru, Gang Pringgan, Tanjung Balai, Sahudin dan Yusfan warga Tanjung Balai.

Mereka diamankan saat berada di perairan Sungai Silo, Kabupaten Asahan saat membawa para TKI ilegal dari Malaysia menuju Kabupaten Batubara.

Informasi yang diterima menyebutkan penangkapan KM Rezeki oleh Lanal TBA Lantamal I Belawan terjadi, Minggu (18/6).

Saat itu Lanal Tanjung Balai Asahan (TBA) Lantamal I Belawan mendapat informasi dari masyarakat bahwa akan ada masuk TKI ilegal yang berlayar dari Malaysia tujuan perairan Batubara.

Mendapat informasi tersebut Lanal TBA menindaklanjutinya dan akhirnya mengamankan KM Rezeki yang sedang membawa TKI Ilegal.

Namun, saat diperiksa Lanal TBA menemukan penumpang TKI ilegal berjumlah 96 orang.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap kapal, tidak ditemukan barang terlarang. Namun kita menemukan TKI ilegal. Dan TKI ilegal itu akan kita serahkan ke Imigrasi Tanjungbalai. Sedangkan untuk nahkoda dan ABK kapal akan diproses oleh Lanal TBA,” kata Kadispen Lantamal I Belawan, Mayor S Sinaga, Senin (19/6).(TM-14)

Related posts

Leave a Comment