Paripurna Dengar Pidato Kenegaraan Presiden, Baskami Dukung UMKM Sumut ‘Naik Kelas’

DPRD Sumatera Utara menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Selasa (16/8/2022).

topmetro.news – DPRD Sumatera Utara menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Selasa (16/8/2022). Pada pidato dalam rangka HUT Ke-77 RI itu, Presiden Jokowi menyampaikan isu strategis nasional dan pencapaian bangsa ke depan.

Pantauan lapangan, paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. Hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wagub Musa Rajeckshah, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut.

Usai acara, kepada awak media, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menyampaikan dukungannya terhadap gagasan Presiden Jokowi. Salah satunya terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus ‘naik kelas’.

“Bapak Presiden menyampaikan kepada kita, hal-hal strategis nasional dan proyeksi ke depan. Satu di antaranya, UMKM kita harus naik kelas,” katanya.

Selaras dengan penyampaian Presiden, lanjut Baskami, saat ini sektor UMKM bergerak ke arah ekosistem digital guna menghadapi kompetisi global.

Baskami mengungkapkan, generasi muda berperan besar dalam transformasi digital ini. “Berkali-kali saya menekankan generasi muda untuk terus memperkuat literasi digital,” jelasnya.

Sehingga, nantinya, menurut Baskami, generasi muda, khususnya di Sumatera Utara memiliki keterampilan yang dapat menguasai multi platform digital.

Untuk lebih lanjut, sambungnya, generasi muda menjadi tulang punggung UMKM dan ekonomi kreatif. “Maka UMKM kita akan naik kelas dan dapat menghadapi tantangan global. Kita harus bangga dengan karya anak bangsa,” tambahnya.

Sektor UMKM di Sumatera Utara yang terus meningkat siginifikan, kata Baskami, memberikan kontribusi positif bagi pendapatan daerah. “Sehingga bila nantinya digitalisasi ini dengan peran anak muda dapat inklusif dengan sektor UMKM, pertanian, perkebunan, perikanan, dan lainnya saya percaya hasilnya akan maksimal,” jelasnya.

Pemerintah, kata Baskami, bertugas memberikan iklim positif bagi UMKM. Termasuk, kemudahan perizinan, akses permodalan agar UMKM terus tumbuh dan dapat berdaya saing.

Isu Strategis

Berita sebelumnya, pada Sidang Tahunan MPR RI Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan.

Pada pidato tersebut, Presiden menyampaikan isu strategis, keberhasilan Indonesia melewati kemelut covid-19,pembangunan IKN, kepastian hukum, pemberantasan korupsi, perekonomian nasional termasuk sektor UMKM.

Presiden Jokowi mengatakan, UMKM harus terus dapat dukungan agar bisa segera naik kelas. Digitalisasi ekonomi yang telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn terus kita dorong untuk membantu pemberdayaan UMKM. Sebanyak 19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan targetnya sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024.

Berbagai bantuan pendanaan murah juga terus berlanjut. Penayangan produk UMKM di e-katalog pemerintah akan menyerap produk UMKM. Di saat yang sama, kewajiban APBN, APBD, dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri juga akan terus didisiplinkan.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment