Pengamat Politik: Kesolidan dan Komitmen para Jenderal TNI Bersama Rakyat

Potret kehangatan kebersamaan terpancar dari pimpinan tiga matra TNI. Yaitu Kasad Jenderal Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana Yudo Margono, dan Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo, setelah ketiganya Sholat Dzuhur dan makan bersama beberapa waktu lalu.
Advertisement

topmetro.news – Potret kehangatan kebersamaan terpancar dari pimpinan tiga matra TNI. Yaitu Kasad Jenderal Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana Yudo Margono, dan Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo, setelah ketiganya Sholat Dzuhur dan makan bersama beberapa waktu lalu.

Bahkan, pada peringatan HUT ke 77 RI di Istana Negara, mereka bertiga berjoget bareng. Hal itu terlihat, saat penyanyi cilik asal Banyuwangi Farel Prayogo menyanyikan lagu ‘Ojo Dibandingke’.

Pengamat politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa, Dr Moch Mubarok Muharam mengatakan, menjelang Pemilu 2024, jika melihat pada situasi saat ini, isu senter disharmonisasi di kubu TNI tidak bisa dilakukan segelintir elit.

“Jika melihat dari tiga jenderal TNI yang sekarang, sangat sulit dan tidak semudah itu mengganggu solidaritas dan soliditas para mereka. Kecil kemungkinan isu liar terkait manuver di tubuh TNI muncul,” pungkasnya.

“Saya pikir sangat sulit dan tidak mungkin soliditas para jenderal ini terganggu. Apalagi jenderal TNI yang aktif saat ini terlihat enggan terjerumus terlalu jauh dalam dunia politik,” imbuh Mubarak.

Komitmen TNI

Sementara Rektor Untirta Prof Fatah Sulaiman menambahkan, kesolidan dan komitmen para jenderal TNI bersama rakyat untuk menjaga NKRI tidak bisa tergoyahkan oleh bisikan-bisikan para elit.

“Ya saya yakin. TNI bersama Rakyat Indonesia solid dan punya komitmen yang sama untuk menjaga keutuhan NKRI,” katanya via pesan WhatsApp. Jumat (19/8/2022).

sumber | RELIS

 5,277 total views,  1 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment