F-PDI P DPRD Medan Usulkan Nama Jalan Balai Kota Diganti Jalan Ir. Soekarno

Jalan Balai Kota
Advertisement

topmetro.news – Sebagai bentuk penghormatan kepada Pahlawan Nasional yang merupakan Proklamator Kemerdekaan sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia (RI), Ir. Soekarno, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan mendorong Pemko Medan untuk menyematkan nama Ir. Soekarno sebagai nama salah satu nama ruas jalan di inti Kota Medan, tepatnya sebagai pengganti nama Jalan Balai Kota.

Sebab, hingga saat ini, sebagai kota metropolitan sekaligus kota ketiga terbesar di Indonesia, tidak ada satu ruas jalan pun di Kota Medan yang disematkan nama Ir Soekarno. Sementara, nama-nama pahlawan nasional lainnya telah digunakan sebagai nama-nama jalan di Kota Medan.

“Fraksi PDIP mendorong Pemko Medan agar menyematkan nama Ir. Soekarno sebagai nama jalan di Kota Medan. Bung Karno (Soekarno) itu bapak proklamator, pahlawan nasional. Nama beliau sangat-sangat layak untuk kita sematkan pada salah satu ruas jalan di Kota Medan,” ucap Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan, Robi Barus, Jumat (26/8).

Namun, pihaknya berharap agar nama Bung Karno dapat disematkan sebagai nama salah satu ruas jalan di inti Kota Medan (Jalan Balai Kota), bukan di pinggiran Kota Medan. Sebab, sosok kepahlawanan dan peran Bung Karno sangat besar dalam kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Kita harus bangga dengan sosok Bung Karno, sosok kharismatik yang dicintai rakyatnya dan disegani dunia. Kalau nama-nama pahlawan nasional lainnya saja bisa kita sematkan pada ruas-ruas jalan di Kota Medan, kenapa nama Bung Karno tidak ada. Nama Bung Karno kita harapkan bisa segera digunakan sebagai nama salah satu ruas jalan di inti Kota Medan,” imbuhnya.

Apalagi, hampir semua kota besar, bahkan hingga kota kecil di Indonesia memiliki nama Jalan Ir. Soekarno. Bahkan di luar negeri sekalipun, tepatnya di negara Maroko, nama Ir. Soekarno telah lama disematkan menjadi nama ruas jalan. Nama jalan itu dikenal dengan nama Rue Soekarno atau Avenue Soekarno.

“Apalagi Bung Karno pernah mengungkapkan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan. Untuk itu, kota yang besar juga adalah kota yang menghormati jasa para pahlawan. Makanya sebagai kota besar, Kota Medan harus memiliki nama jalan dengan nama Ir Soekarno yang kepahlawanannya diakui di tingkat nasional maupun internasional,” bebernya.

Ia menjelaskan, usulan nama Ir. Soekarno sebagai nama salah satu ruas jalan di Kota Medan sudah pernah diusulkan Fraksi PDIP DPRD Medan kepada Pemko Medan di sekitar tahun 2016 dan 2017, yakni tepat pada masa kepemimpinan T. Dzulmi Eldin – Akhyar Nasution.

“Dulu pernah kita usulkan agar nama jalan mulai dari simpang London Sumatera hingga Deli Plaza (Podomoro) atau yang saat ini dikenal dengan Jalan Balai Kota dapat diubah menjadi Jalan Ir Soekarno. Tapi sayangnya, usulan itu tidak ditindaklanjuti oleh Wali Kota Medan sebelumnya,” urainya.

Untuk itu, Fraksi PDIP DPRD Medan berharap, di masa kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution ini, nama Ir. Soekarno dapat disematkan sebagai nama salah satu ruas jalan di inti Kota Medan.

Fraksi PDIP yakin dan percaya, Bobby Nasution akan menindaklanjuti usulan tersebut, apalagi bila nama Bung Karno bisa disematkan sebagai pengganti nama Jalan Balai Kota yang notabene berada di inti kota atau di seputaran Lapangan Merdeka Medan yang saat ini sedang dilakukan penataan.

“Kita yakin Pak Bobby akan merespon baik usulan kita ini. Kita juga meyakini, disematkannya nama Ir. Soekarno sebagai pengganti nama Jalan Balai Kota akan mendukung penataan kawasan Kota Tua Kesawan dan Lapangan Merdeka yang saat ini menjadi salah satu fokus Wali Kota Medan,” tukasnya.

Reporter | Thamrin Samosir

Advertisement

Related posts

Leave a Comment