Bupati Taput Pimpin Rakor TPID Tapanuli Utara dan Antisipasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Bupati Taput Dr Nikson Nababan MSi memimpin Rapat Koordinasi TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah), sekaligus mengantisipasi dampak kenaikan BBM di Kabupaten Tapanuli Utara.

topmetro.news – Bupati Taput Dr Nikson Nababan MSi memimpin Rapat Koordinasi TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah), sekaligus mengantisipasi dampak kenaikan BBM di Kabupaten Tapanuli Utara.

Berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Rabu (7/9/2022).

Turut bersama Kapolres Taput, Dandim 0210/TU, Kajari Taput, Kepala BPS Taput, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yuliansyah Andrias, SAM Retail PT Pertamina Sibolga Ageng Nurhamanto Putra, dan perangkat daerah serta camat se-Kabupaten Tapanuli Utara.

Dalam kesempatan itu Bupati Taput memberikan penekanan yang menjadi prioritas utama dalam menekan angka inflasi. “Saya tekankan dan tegaskan untuk hal-hal yang menjadi prioritas utama untuk segera ditindaklanjuti. Komoditas Tapanuli Utara khususnya komoditi Cabai Merah dan Bawang Merah surplus agar siap kerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Utara menjaga diparitas harga dan pasokan,” tegasnya.

Selanjutnya Bupati menambahkan, dalam hal ini, Pemkab Taput juga tetap bekerja keras untuk menahan lajunya inflasi. Termasuk tetap berkoordinasi dengan TPID Provinsi Sumatera Utara untuk menjaga ketersediaan pasokan.

“Saya tegaskan juga untuk optimalisasi penggunaan pupuk organik. Perbaikan pola tanam dan optimalisasi peranan Perusda Pertanian dan BUMDes Kabupaten Tapanuli sebagai offtaker produk dari petani,” ujar Bupati.

Di akhir arahannya, Bupati Taput menyampaikan peran penting Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. “Saya juga mendorong untuk optimalisasi anggaran untuk melakukan operasi pasar murah dan sidak pasar. Serta peningkatan komunikasi kepada masyarakat untuk menjaga ekspektasi inflasi dan peningkatan sosialisasi kepada masyarakat untuk mendorong pola konsumsi produk olahan pangan,” Bupati mengakhiri.

Kenaikan BBM

Untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM, Pemkab Taput telah mengeluarkan Keputusan Bupati Tapanuli Utara Nomor 545 Tahun 2022. Yakni, tentang Penetapan Tarif Ongkos Mobil/Bus Penumpang Umum Angkutan Kota dan Pedesaan dan Antar Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara.

Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan BBM di kecamatan yang tidak memiliki SPBU, pemkab akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, Pertamina, dan BPH Migas dan melaksanakan sesuai dengan regulasi.

Untuk meningkatkan produktivitas dan nilai tambah sektor pertanian, Pemkab Taput mengharapkan agar Bank Indonesia Sibolga dan PT. Pertamina berkenan memanfaatkan dana sosial maupun CSR untuk program hilirisasi produk pertanian di Kabupaten Tapanuli Utara

Selanjutnya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga memaparkan kondisi Inflasi di Wilker Bank Indonesia Sibolga. Ia juga mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam menekan laju inflasi.

SAM Retail PT. Pertamina Sibolga menyampaikan paparan terkait pendistribusian BBM di Kabupaten Tapanuli Utara. Juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara agar melakukan registrasi Aplikasi My Pertamina untuk mendukuk program pemerintah tentang subsidi BBM tepat sasaran.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment