Wujudkan Komitmen Danau Toba Bermartabat, KMDT Bersama Bupati Samosir Tabur 100.000 Benih Ikan

DPP Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) bersama dengan Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST melakukan penaburan 100.000 ekor benih Ikan Nila dan Mujahir

topmetro.news – DPP Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) bersama dengan Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST melakukan penaburan 100.000 ekor benih Ikan Nila dan Mujahir. Berlangsung di Dermaga Aek Rangat, Kelurahan Siogungogung, Pangururan, Jumat (16/9/2022).

Kegiatan tersebut adalah dalam rangka mewujudkan komitmen Danau Toba bermartabat dan mendunia.

Selain penaburan benih ikan, aksi KMDT akan berlanjut dengan penanaman bibit pohon di kawasan Sigulatti. Tepatnya di kawasan lahan yang terkena dampak karhutla beberapa waktu lalu.

Ketum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT St Edison Manurung SH MM menjelaskan, aksi penanaman bibit pohon pascakebakaran hutan dan tabur bibit ikan di Danau Toba adalah dalam menyukseskan program prioritas pemerintah di sektor pariwisata dalam percepatan wisata Danau Toba bermartabat dan mendunia. Sekaligus aksi penyelamatan ekosistem Danau Toba.

Bupati Samosir pun menyambut baik dan mengapresiasi niat mulia KMDT yang terus memikirkan penghijauan kembali hutan di Samosir pascakarhutla. Juga penyebaran benih ikan dalam rangka penyelamatan ekosistem Danau Toba.

“Ini merupakan niat mulia dari KMDT. Semoga kegiatan berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi Samosir terkhusus masyarakatnya,” ujar Bupati Vandiko T Gultom ST.

Turut hadir Guru Besar Universitas Indonesia yang juga Dewan Pakar KMDT Prof Edi Slamet. Lalu ada Sekjen KMDT Prof Sihol Situngkir, mewakili Kapolda Sumut Kombes Pol Oka Putra. Hadir juga Ketua KMDT Sumut Prof Binari Manurung, jajaran pengurus KMDT dan FOKKSA (Forum Komunikasi Keluarga Asal Samosir). Wakapolres Samosir, Kadis Ketapang dan Pertanian, dan Camat Pangururan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment