Bharada E Siap Hadapi Ferdy Sambo di Pengadilan

Hadapi Ferdy Sambo

TOPMETRO.NEWS – Hadapi Ferdy Sambo, eks Kadiv Propam Polri yang menjadi salah satu tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Joshua Hutabarat alias Brigadir J, sang ajudan Bharada E yang juga tersangka siap menghadapinya di persidangan.

Kuasa hukumnya, Ronny Talapessy mengklaim telah menyiapkan kejutan untuk persidangan nanti.

“Ada beberapa strategi, cuma saat ini belum (bisa) kita sampaikan. Tapi pastinya nanti kita ada kejutan di pengadilan dalam rangka membela Bharada E,” kata Ronny di Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022).

Kehadiran Ronny di Bareskrim untuk mendampingi Bharada E dalam rangka cek kesehatan dan juga koordinasi jelang pelimpahan tahap II tersangka pembunuhan Brigadir J ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

Kondisi Kesehatan Bharada E Cukup Baik

Ronny menyatakan, kondisi kesehatan Bharada E dalam kondisi baik dan siap menjalani proses pelimpahan tahap II ke jaksa penuntut umum (JPU).

“Bharada E kondisinya sekarang sehat, stabil dan siap menjalani tahap dua di Kejaksaan,” tuturnya.

Di sisi lain, Ronny menegaskan Bharada E siap dipertemukan dengan Ferdy Sambo di persidangan.

“Kita siap kalaupun nanti dihadapkan dengan saudara FS (Ferdy Sambo). Klien kami siap (dan) karena dalam rangka kepentingan pembelaan Bharada E tentunya kami akan maksimal,” ujarnya.

Ricky Rizal dan Kuat Cek Kesehatan

Selain Bharada E, dua tersangka lainnya yakni Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf juga menjalani cek kesehatan di Bareskrim Polri.

Pemeriksaan kesehatan ini juga dalam rangka persiapan jelang pelimpahan tahap II tersangka kasus pembunuhan Brigadir J ke JPU.

Usai cek kesehatan, tersangka Bharada E, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf kembali menuju Rutan Bareskrim.

Tangan mereka tambak diborgol, namun dibalut dengan baju tahanan berwarna oranye.

Barang Bukti Pistol dan Laras Panjang

Diketahui, penyidik Bareskrim Polri telah melimpahkan barang bukti kasus pembunuhan Brigadir J ke Kejari Jaksel, Selasa (4/10/2022).

Tampak 4 unit barang bukti pistol berikut amunisi yang diserahkan.

Selain itu juga tampak satu senjata api laras panjang berwarna hitam.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menyebut barang bukti itu dilimpahkan ke JPU Kejari Jaksel pada pukul 10.00 WIB.

“Barang buktinya banyak, dikemas dalam beberapa kontainer plastik,” kata Andi kepada wartawan, Selasa (4/10/2022).

Sekadar diketahui Kejaksaan Agung RI telah menyatakan berkas perkara kelima tersangka lengkap atau P-21. Bharada E dan kawan-kawan pun segera disidang.

BACA PULA | Ferdy Sambo dan Tragedi Kanjuruhan, Bikin Kepercayaan Publik ke Polri ”Terjun Bebas”

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, kasus Ferdy Sambo belum tuntas, perkara pembunuhan berencana itu sedang disiapkan agar para tersangka diadili. Sejak munculnya kasus yang melibatkan Ferdy Sambo, mantan Kadiv Propam Polri, kepercayaan publik terhadap Polri menurun drastis. Kini tragedi Kanjuruhan, citra lembaga itu kian ‘terjun bebas’ di mata publik.

Berbagai hasil survei yang dirangkum Kompolnas, tingkat kepercayaan publik terhadap masyarakat memang turun drastis. Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 11-17 Agustus 2022, kepercayaan publik ada diposisi terendah 54,2 persen.

asli

Related posts

Leave a Comment