Dandim 0208 Asahan Paparkan Rencana TMMD ke 115

Dandim 0208 Asahan Paparkan Rencana TMMD ke 115

topmetro.news – Bertempat di ruang Commend Center Kantor Bupati Asahan, Dandim 0208 Asahan Letkol Franki Susanto memaparkan rencana TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 kepada Pangdam I/BB yang di Wakili Kasdam I/BB secara virtual dan diikuti seluruh Kodim, Kamis (6/10/2022).

Sebelum memberikan paparannya seluruh Dandim mendengarkan bimbingan dan arahan Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifky Namawi. Berharap TMMD ini dapat bermanfaat kepada masyarakat serta menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat.

“TMMD ini juga diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam percepatan pembangunan daerah yang masih tertinggal pembangunannya serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memanfaatkan kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh,”  harap Kasdam I/BB.

Kasdam meminta kepada seluruh Dandim dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah diharapkan dapat mendukung kegiatan TMMD, sehingga kegiatan TMMD manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

Dandim 0208 Asahan pada paparannya mengatakan TMMD adalah program Ops bakti TNI yang berjalan secara terpadu oleh TNI. Bekerjasasama dengan Pemda, Polri dan komponen masyarakat. Disinergikan dan diintegrasikan bertujuan meningkatkan pembangunan di daerah agar taraf hidup masyarakat lebih baik dan mandiri.

TMMD berlangsung melalui mekanisme ‘Bottom Up Planning’ melalui proses perumusan secara berjenjang dari musrenbang tingkat Desa sampai Kabupaten. Sasaran TMMD adalah Kecamatan Silau Laut (Desa Sei Silo Baru) dan Kecamatan Sei Kepayang Timur (Desa Sei Pasir dan Desa Sei Tempurung).

Harapannya mampu memberikan kontribusi pada kepentingan pertahanan negara dan dapat rasakan hasilnya secara langsung. Guna meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah pedesaan.

Bantu Pemerintah

Program ini membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan melalui pembangunan bersifat fisik dan non fisik. Serta menetapkan manunggal TNI rakyat dalam rangka menyiapkan rakyat juang yang tangguh.

“Sasaran TMMD antara lain meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara, menumbuhkembangkan semangat gotong royong untuk menciptakan persatuan dan kesatuan serta mewujudkan rakyat juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan wilayah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” papar Dandim.

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S.Sos M.Si mengatakan atas nama pemerintah dan juga masyarakat mengapresiasi TMMD di Desa Silo Baru Desa Sei Pasir dan Desa Sei Tempurung.

Menurut Wakil Bupati, kegiatan TMMD ini merupakan kegiatan yang membangun infrastruktur. Di antaranya jalur transportasi dan juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Sehingga dapat menggerakkan perekonomian di Desa tersebut.

TMMD memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Karena dengan hadirnya infrastruktur ini akan mendorong percepatan perekonomian dan pertanian. Serta berdampak pada peningkatan daya saing desa.

“Atas nama Pemkab Asahan saya mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Kodim atas segala dedikasi, loyalitas, pengorbanan dan pengabdian yang tulus melalui program TMMD. Insha Allah kerja ini akan menjadi warisan terbaik dan bersejarah bagi generasi mendatang,” kata Wakil Bupati.

 

penulis : EN

Related posts

Leave a Comment