Bupati Taput Pimpin Rapat Forkopimda Tentang Tanggap Bencana

Bupati Taput Dr Nikson Nababan MSi memimpin rapat Forkopimda tentang tindak lanjut tanggap bencana. berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (6/10/2022).

topmetro.news – Bupati Taput Dr Nikson Nababan MSi memimpin rapat Forkopimda tentang tindak lanjut tanggap bencana. berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (6/10/2022).

Turut hadir segenap Forkopimda Taput. Tampak juga Sekretaris Daerah Taput Drs Indra Simaremare MSi, Kaban BPBD Bonggas Pasaribu, serta beberapa pimpinan perangkat daerah terkait

Bupati menuturkan bahwa kegiatan itu merupakan upaya pemkab dalam menetapkan kesepakatan Forkopimda terkait penyaluran donasi Tapanuli Utara Margogo. Sehingga dapat sampai ke masyarakat yang terdampak gempa pada Sabtu 1 Oktober 2022

Gempa bumi yang telah terjadi mengakibatkan banyak kerusakan pada bangunan-bangunan fisik. Seperti rumah penduduk, tempat ibadah, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, kantor pemerintah. Dan juga kantor swasta serta sarana-prasarana lainnya.

Kesepakatan Forkopimda

Menanggapi hal tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tapanuli Utara menyepakati beberapa hal, antara lain:

Bahwa Tanggap Darurat Bencana Alam Gempa Bumi di Kabupaten Tapanuli Utara diperpanjang selama tujuh hari ke depan. Atau tanggal 8 Oktober 2022 sampai dengan tanggal 14 Oktober 2022.

Penyaluran bantuan uang hasil donasi pihak ketiga kepada pemilik rumah dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan menggunakan formula 5 : 2 : 1. Kecuali pemilik tiga unit rumah yang telah menjalani perbaikan di Desa Hutatinggi Kecamatan Parmonangan. Yaitu, atas nama Bona Simamora, Andri Simanjuntak, dan Pantun Simamora.

Penyaluran bantuan bahan material bangunan rumah penduduk dan rumah ibadah menggunakan formula 5 : 2 : 1. Kecuali gedung milik pemerintah dan swasta/private sector).

Bantuan dari BNPB sebesar Rp250.000.000 yang telah ditransfer dan akan diberikan kepada TNI/Polri sebagai anggaran operasional.

Agar segera menyalurkan bantuan bahan bangunan yang telah tersedia di gudang.

Bantuan sembako yang belum tersalurkan berupa beras sebanyak 1.975 kg, gula sebanyak 353 kg, minyak goreng sebanyak 1.085 liter menjadi stok di Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Gempa Bumi Kabupaten Tapanuli Utara.

Jumlah donasi dari pihak ketiga di rekening Tapanuli Utara Margogo per tanggal 6 Oktober 2022 pukul 16.14.47 WIB sebesar Rp579.451.674. Dan telah digunakan sebesar Rp150.000.000. Sehingga saldo akhir sebesar Rp429.451.674.

Pelaksanaan perbaikan kerusakan RSUD Tarutung agar segera, dengan menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) TA 2022.

Fasilitas Terdampak

Ada pun jumlah fasilitas yang terdampak per tanggal 6 Oktober 2022 antara lain, rumah penduduk yang rusak ringan 1.308 unit, rusak sedang 468 unit, rusak berat 352 unit. Tempat ibadah yang rusak ringan 21 unit, rusak sedang 4 unit, dan rusak berat 22 unit. Fasilitas pendidikan rusak ringan 15 unit, rusak sedang 2 unit, dan rusak berat 22 unit. Fasilitas kesehatan rusak ringan 14 unit. Serta kantor pemerintahan rusak ringan sebanyak 7 unit dan rusak berat 4 unit.

Bupati menyampaikan, dalam penanganan bencana di daerah, semua ‘leading sector’ harus berperan aktif turut bekerja dan bertanggungjawab di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Utara.

Bupati juga mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan informasi yang datangnya bukan dari aparatur. Serta tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sehingga kemudian malah menimbulkan kekisruhan dan mungkin potensi yang dapat merugikan.

Jika aparat terkait mengeluarkan peringatan, maka peringatan tersebut pasti bersamaan dengan langkah-langkah ikutan. Yaitu, berupa evakuasi atau apa pun nantinya berdasarkan kondisi real di lapangan.

Untuk diketahui bahwa donasi Tapanuli Utara Margogo masih dibuka dan dibutuhkan uluran kasih dari semua pihak. Laporan terkait semua bantuan akan berlangsung secara transparan dan berkala. Serta pemanfaatan juga akan tepat guna dan tepat sasaran.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment