Polres Langkat Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Polres Langkat

topmetro.news – Polres Langkat dan jajaran melaksanakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2022 dengan tema “Dengan Aktualisasi Keteladanan Akhlak dan Kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW Kita Wujudkan Polri yang Presisi” bertempat di Masjid Darussalam, Sabtu (08/10/22) sekira pukul 09.20 WIB.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digagas Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK ini merupakan bentuk rasa syukur umat muslim atas telah dilahirkannya Nabi Muhammad SAW dan syukur ini ditujukan tidak lain kepada Allah, yang telah memberikan izin atas lahirnya Nabi Muhammad SAW yang menjadi sosok panutan sekaligus tauladan yang membimbing umat Islam. Sebagai penceramah dalam kegiatan tersebut yakni Al -Ustadz Hardiansyah SPdI.

Tampak yang hadir pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW itu Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, Waka Polres Langkat Kompol Hendri ND Barus SH SIK MM, Kabag Ops Polres Langkat Kompol Aries Fianto SSos, Kabag Ren Polres Langkat Kompol Mahyu D.Noor SSi, Kasat Pol Air Iptu Heru, Kasat Tahti Iptu Yudianto, Kasubbag Watpers AKP A.Lubis, Kasat Narkoba Polres Langkat AKP Kusnadi, para Kapolsek sejajaran Polres Langkat, para perwira Polres Langkat dan diikuti personil Polres Langkat, Ibu Ketua dan Pengurus Bhayangkari Cabang Langkat serta anak yatim piatu.

Setelah pembacaan ayat Suci Al-Quran oleh Aiptu Tantawi Jauhary S.SY MH
selanjutnya kata sambutan dari Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas T SH SIK.

Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan tak henti-hentinya marilah kita mengucapkan puji dan syukur kita atas kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas Rahmat dan karunia-Nya kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga kita dapat hadir di Masjid Darussalam Polres Langkat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 M yang bertema “Dngan Aktualisasi Keteladanan Akhlak dan Kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW kita wujudkan Polri yang Presisi.

“Sebagaimana kita ketahui bersama Nabi Besar Muhammad SAW adalah suri tauladan dalam kehidupan kita sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan juga sebagai inspirasi bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik yaitu dengan mendalami segala sifat dan perilaku yang dicontohkan Rasulullah SAW sehingga niscaya hidup kita akan selalu mendapatkan berkah,” ujarnya.

Dalam ceramah peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dari ustadz Hardiansyah SPdI menyampaikan bahwasannya hari ini seluruh Umat Islam memperingati lahirnya baginda Nabi Muhammad SAW yang secara fisik beliau sudah almarhum sekian ribu tahun yang lalu.

“Namun ajarannya akan senantiasa kita anut sampai kapanpun dan sampai nanti kita dipanggil oleh Allah SWT.
Sebagai umatnya sudah sepatutnya kita meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW yang begitu mulia, meski pun kita tak akan bisa menyamainya, paling tidak dengan memperbaiki akhlak perilaku kita menjadi lebih baik. Dalam momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini marilah kita bersama-sama meneladani dan meniru sifat maupun akhlak dan budi pekerti Nabi Muhammad SAW yang begitu mulia, sehingga hidup kita aman dan tentram dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sosok pribadi pemaaf dan rendah hati merupakan tauladan yang patut kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari dan dengan sikap inilah membuat agama Islam berjaya sampai saat ini,” paparnya.

Dalam kehidupan berbangsa, lanjut Ustadz, sebagai bangsa yang kini tengah membangun untuk menciptakan suatu hari depan yang lebih baik, banyak suri tauladan yang kita petik dari perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW, baik sejak beliau masih muda maupun setelah diangkat sebagai Nabi, yaitu antara lain tauladan tentang gaya hidup sehari-hari.

“Kebahagiaan dan kenikmatan hidup yang dirasakan oleh Nabi Muhammad SAW bukanlah terletak pada kelezatan dan kemegahan hidup lahiriah, melainkan kebahagiaan dan kenikmatan yang ditemukan dalam kesederhanaan.
Tuntutan hidup sederhana yang didukung oleh kepribadian yang teguh, budi pekerti yang luhur serta tingkah laku yang penuh kasih sayang dan lemah lembut merupakan mahkota keindahan yang menghiasi kehidupan Nabi Muhammad SAW. Dengan memperhatikan berbagai riwayat kehidupan Nabi yang menggambarkan bagaimana gaya hidup dan pergaulan beliau dengan orang-orang disekitarnya, maka kesemuanya mencerminkan tingkah laku kesopanan dan kesederhanaan hidup,” terang Ustadz.

Lebih lanjut dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW itu Polres Langkat juga berbagi santunan tali asih kepada anak yatim piatu. Acara berakhir dengan pembacaan doa oleh Ustadz Hardiansyah SPdI.

Reporter I Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment